Sukses


Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, dan 3 Pemain Senior yang Layak Membela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games umumnya mempertandingkan Timnas Indonesia U-22. Setiap tim juga diperbolehkan mendaftarkan tiga pemain di atas usia 22 tahun. Timnas Indonesia U-22 perlu memanfaatkan aturan itu.

Timnas Indonesia U-22 akan mencoba merebut medali emas SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022. Dalam edisi sebelumnya, tim Garuda Muda meraih medali perak.

Timnas Indonesia U-22 kemungkinan bakal banyak menggunakan pemain dari timnas senior yang masih berusia di bawah 22 tahun. Namun, Garuda Muda tetap saja butuh pemain yang lebih senior. Siapa yang cocok?

Timnas Indonesia U-22 tentu butuh Ricky Kambuaya. Gelandang berusia 25 tahun itu menjadi motor penggerak timnas senior di Piala AFF 2020.

Kambuaya begitu agresif di lini tengah. Pemain Persebaya Surabaya itu punya kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya. Dia juga sudah mencetak lima gol dan empat assist dari 14 partai di timnas senior.

Selain Kambuaya, Timnas Indonesia U-22 juga memerlukan Irfan Jaya. Winger berusia 25 tahun itu lumayan moncer bersama timnas senior di Piala AFF 2020.

Irfan Jaya juga mampu mencetak tujuh gol dari 18 pertandingan di BRI Liga 1 dengan Bali United. Mantan pemain Persebaya Surabaya itu cocok untuk mengisi posisi pemain senior di Timnas Indonesia U-22.

2 dari 4 halaman

Dimas Drajad

Dimas Drajad adalah pemain lokal non-naturalisasi tersubur di BRI Liga 1 saat ini. Penyerang berusia 24 tahun itu telah menorehkan sembilan gol plus lima assist.

Dimas Drajad pernah bermain untuk Timnas Indonesia U-22 beberapa tahun lalu. Statusnya kini berubah menjadi pemain senior seiring bertambahnya usia. Dia pantas mendapatkan kesempatan beraksi di SEA Games 2021.

3 dari 4 halaman

Ezra Walian

Ezra Walian adalah penyerang tersubur Timnas Indonesia di Piala AFF. Striker berusia 24 tahun itu membuat dua gol dari enam partai.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Shin Tae-yong perlu memanggil Ezra Walian jika krisis lini depan. Pemain Persib Bandung itu cukup dapat diandalkan untuk memecah konsentrasi lini belakang lawan.

4 dari 4 halaman

Fachruddin Aryanto

Timnas Indonesia U-22 kemungkinan tidak bisa memanggil Elkan Baggott untuk SEA Games 2021. Sebab, pesta olahraga itu tidak masuk kalender FIFA.

Shin Tae-yong perlu mencari pengganti Baggott. Arsitek asal Korea Selatan itu bisa menjatuhkan pilihan kepada Fachruddin Aryanto. Berusia 33 tahun, bek Madura United itu telah kenyang pengalaman di level internasional.

Video Populer

Foto Populer