Sukses


Muhammad Iqbal Ceritakan Perjalanan Kariernya di Korea: Seleksi 1,5 Bulan Baru Bisa Masuk

Bola.com, Jakarta - Muhammad Iqbal sempat merasakan bermain di kompetisi kasta ketiga Liga Korea Selatan. Ia menjadi bagian dari klub bernama Cheongju FC selama kurang lebih setengah tahun dari Juni 2021 hingga awal tahun 2022.

Di kanal Youtube CAPT HAMKA, Iqbal menceritakan bagaimana proses yang harus ia lalui sebelum mendapatkan kesempatan bermain di klub tersebut.

Menurut Iqbal, sebelum benar-benar masuk ke skuad Cheongju, ia harus menjalani seleksi terlebih dahulu. Proses seleksi itu ia jalani selama kurang lebih satu setengah bulan.

"Itu seleksi satu setengah bulan. Latihan dulu, dan akhirnya Alhamdulillah keterima," ungkap Muhammad Iqbal.

"Mental harus kuat di sana. Tekad dari kecil memang mau main di luar negeri," ujar sosok yang biasa bermain di posisi winger itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dapat Kesempatan Tiga Kali Main

Selama membela Cheongju FC, Iqbal memang tidak banyak mendapatkan kesempatan bertanding. Selama enam bulan memperkuat klub tersebut, Iqbal hanya diberi kesempatan tiga kali bertanding saja.

"Di sana saya dapat kesempatan tiga kali bermain," kata Iqbal.

Pemain kelahiran Sumatera Utara ini mengaku sempat mengalami berbagai macam kendala selama menjalani karier di Korea Selatan. Salah satu kendala yang paling besar adalah kendala bahasa.

"Kendalanya di bahasa ya, bahasa di sana agak susah kan, jadi bahasa Inggris. Ya pakai bahasa bola aja," jelas Iqbal.

3 dari 4 halaman

Ingin Kembali

Sejak awal tahun 2022, Muhammad Iqbal kembali ke Indonesia. Ia memperkuat salah satu kontestan BRI Liga 1, Persita Tangerang.

Iqbal harus kembali ke Tanah Air karena kontraknya di Cheongju FC sudah habis. Ia pun menyimpan keinginan untuk kembali bermain di luar negeri terutama di Korea Selatan.

"Sekarang saya di Persita karena abis kontrak, tapi ya saya ingin kembali lagi ke sana," tekadnya.

Iqbal merasa level permainan sepak bola di Korea Selatan sangat bagus. Yang paling ia rasakan adalah tempo permainan di sana selalu cepat. Itu membutuhkan kekuatan fisik dan mental yang kuat.

"Di sana tekanan dan mentalnya kuat dalam bermain. Temponya juga kenceng, nggak ada tunggu lawan," jelas Iqbal.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer