Sukses


Ini Maksud Hamka Hamzah Temui Kapten Lawan dan Ajak Wasit Ngobrol Sebelum Pertandingan Dimulai

Bola.com, Jakarta - Hamka Hamzah menjelma sebagai pemimpin di manapun klub yang ia perkuat. Meski nyaris setiap musim berganti klub, Hamka nyaris selalu terpilih untuk menjadi kapten.

Pemain yang kini berusia 38 tahun itu belakangan punya kebiasaan unik. Ia kerap mengajak ngobrol kapten lawa maupun wasit jelang dilakukannya koin tos.

Kepada kanal Youtube Tiento Indonesia, Hamka Hamzah menceritakan maksud dari kebiasaan uniknya itu. Ia berharap dengan obrolan itu tidak terjadi laga yang kasar dan bisa membahayakan sesama pemain.

"Ngobrol itu supaya tidak ada ketegangan, saya bilang ke kaptennya tolong jaga teman-teman, agar tidak bermain kasar, tidak mencederai," kata Hamka Hamzah.

"Saya bilang itu tapi sambil ketawa saya sambil senyum akhirnya wasit juga bilang percayakan pada kami," sambungnya.

 

2 dari 3 halaman

Beri Hiburan Menarik

Hamka Hamzah merasa obrolan santai seperti itu memang perlu dilakukan. Bukan hanya untuk mengingatkan para pemain untuk saling jaga, tapi juga untuk memberikan hiburan menarik untuk para penonton.

"Saling jaga agar tidak ada keributan, menahan semua pemain, kalau ada yg emosi kami kapten yang maju. Biar jadi tontonan menarik," jelasnya.Lebih lanjut, Hamka juga mengungkapkan alasan mengapa ia kerap dipilih jadi kapten meski kerap pula gonta-ganti klub.

Ia merasa para pelatih percaya pada dirinya. Ia dinilai bisa mengayomi semua pemain di dalam tim yang sedang ia perkuat.

"Mungkin pelatih melihat Hamka ini bisa memberikan rasa nyaman untuk para pemain lain. Bisa merangkul semua pemain entah asing atau pemain dari Indonesia Timur atau Barat. Karena saya dulu emosian, saya tahu itu tidak bagus untuk seorang atlet," tandasnya.

 

3 dari 3 halaman

Proses Penyembuhan

Hamka Hamzah belum lama ini mengalami cedera ACL. Cedera itu cukup ditakuti pesepakbola karena proses penyembuhannya yang lama.

Namun, Hamka menyatakan dalam dua bulan terakhir ia sudah menjalani rehabilitasi penyembuhan cederanya itu.

"Sudah dua bulan, ini sudah masuk fase penguatan," jelasnya.

Hamka yang kini berusia 38 tahun tampak masih belum akan pensiun dalam waktu dekat. Jika cederanya sudah benar-benar pulih, Hamka sepertinya akan kembali berlaga meramaikan persaingan di sepak bola nasional.

Video Populer

Foto Populer