Sukses


Pasca-Nonton Duel Persebaya Vs Bali United di BRI Liga 1, Erick Thohir Ungkap 3 Kunci Sukses Kompetisi Sepak Bola

Bola.com, Denpasar - Menteri BUMN, Erick Thohir, turut menyaksikan duel Persebaya Surabaya versus Bali United pada laga pekan ke-33 BRI Liga 1. Selepas pertandingan, Erick Thohir mengungkapkan tiga kunci sukses kompetisi sepak bola.

"Sebenarnya ada tiga. Yang pertama itu kompetisinya harus bersih," kata Erick di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat (25/3/2022).

Erick menambahkan, ekosistem sepak bola yang bersih sangat penting. Pasalnya, hal itu akan berdampak kepada daya tarik masyarakat dan sponsor.

Menurut Erick, kompetisi yang tidak bersih hanya akan membuat penyelenggarannya tidak maksimal.

Faktor kedua yang tak kalah penting adalah sponsor. Menurut Erick, kompetisi sepak bola yang bagus pastinya akan mendatangkan sponsor dan uang yang lebih banyak.

"Itu akhirnya akan meningkatkan ekonomi secara menyeluruh juga," ujarnya.

Pertandingan BRI Liga 1 Persebaya versus Bali United berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Persebaya. Meski begitu, Bali United tetap berada di puncak klasemen dan berhak atas trofi liga.

 

2 dari 3 halaman

Pembinaan Usia Dini

Faktor terakhir, kata Erick adalah pembinaan usia dini. Menurut dia, tim nasional yang baik akan mendorong liga juga baik.

Erick mencontohkan Amerika Serikat dengan Liga MLS-nya. "Kita lihat Amerika Serikat dulu tidak punya liga, timnasnya baik. Tetapi dengan mereka punya liga, timnas Amerika sekarang cukup stabil," kata Erick.

Di sisi lain, Erick juga menyinggung dampak BRI Liga 1 kepada ekonomi. Dengan berputarnya kompetisi, sektor ekonomi seperti UMKM juga mendapatkan manfaatnya.

"Ini bagus untuk pertumbuhan ekonomi yang jualaan seperti UMKM, para pemain dan lain-lain. Paling tidak menggulirkan ekonomi juga," kata Erick.

Disadur dari: Liputan6.com (Luthfie Febrianto/Published: 26/03/2022)

3 dari 3 halaman

Yuk Tengok Posisi Bali United dan Persebaya:

Video Populer

Foto Populer