Sukses


Ikuti Jejak Shin Tae-yong, Kim Pan-gon Berlakukan Disiplin Ketat di Timnas Malaysia

Bola.com, Jalan Besar - Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, memberlakukan aturan disiplin ketat untuk anak asuhnya. Kim Pan-gon memberlakukan sanksi denda hingga pencoretan terhadap pemain yang melanggar aturan.

Kim Pan-gon disebut tak segan melakukan tindakan kepada pemain Timnas Malaysia bila tidak berpakaian dengan benar atau bermain ponsel sewaktu mengikuti pelatihan. Gelandang Timnas Malaysia, Faisal Halim, menyebut suasana di timnya lebih ketat saat ini.

"Sekarang sudah lebih baik ketimbang dulu. Sekarang lebih teratur dan disiplin. Kami memiliki daftar yang harus dilakukan dan akan mendapatkan denda jika tidak diikuti," kata Faisal Halim seperti dikutip New Straits Times.

Sanksi denda yang diberlakukan Kim Pan-gon pun cukup membuat pemain segan untuk melanggarnya. Pemain akan didenda sampai 100 Ringgit Malaysia (Rp340 ribu) per peraturan yang dilanggar.

"Daftar aturannya panjang. Misalnya jika kami memakai sepatu yang salah saat latihan, bisa didenda 50-100 RM. Pada hari pertandingan, kami juga dilarang bermain ponsel," ucap pemain 24 tahun itu.

Kim Pan-gon sejauh ini sudah memimpin dua laga Timnas Malaysia. Pelatih asal Korea Selatan itu mencatatkan sekali kemenangan dan sekali kalah bersama skuad Harimau Malaya.

2 dari 3 halaman

Ikuti Shin Tae-yong

Aturan ketat seputar disiplin yang diberikan Kim Pan-gon kepada Timnas Malaysia, sebenarnya sudah lama diterapkan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Shin Tae-yong juga memberlakukan aturan disiplin ketat berupa denda hingga pencoretan bila ada pemain yang melanggar.

Namun, Kim Pan-gon tak membelakukan aturan jam malam yang diterapkan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Menurut Faisal Halim, Kim Pan-gon sudah mempercayai semua pemain Malaysia bersikap profesional dalam menjaga kondisi tubuh.

"Kim Pan-gon mengatakan dia orang Korea.Jadi dia bisa melatih kami dengan ketat, akan tetapi tidak mau melakukannya karena kami semua pemain profesional," ucap Faisal Halim.

3 dari 3 halaman

Menolak Panik

Pelatih Kim Pan-gon menolak panik dengan kekalahan perdana yang dialaminya bersama Timnas Malaysia. Menurut Kim Pan-gon, Malaysia belajar banyak dari situasi tersebut.

Timnas Malaysia menelan kekalahan perdana di bawah asuhan pelatih Kim Pan-gon dalam laga persahabatan yang digelar di FIFA Matchday. Skuad Harimau Malaya dipaksa menyerah 1-2 dari Singapura dalam duel di National Stadium, Sabtu (26/3/2022).

"Bagi saya, secara umum ini adalah awal yang sangat baik. Saya sangat yakin dengan penampilan semua pemain kami, mereka luar biasa," kata Kim Pan-gon seperti dikutip Bernama.

"Sangat disayangkan kami tidak bisa mengonversi peluang, padahal kami memiliki banyak peluang. Saya pikir terkadang ini terjadi dan kami bisa belajar sesuatu dari sini," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

Video Populer

Foto Populer