Sukses


Taisei Marukawa Raih Penghargaan Player of the Season BRI Liga 1, Sangat Layak Jadi Pemain Terbaik

Bola.com, Jakarta - Penyerang sayap Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa, berhasil menyabet gelar individu di BRI Liga 1 2021/2022. Pemain asal Jepang itu diganjar trofi Player of the Season alias pemain terbaik dalam kompetisi kasta tertinggi musim ini.

Bukan hal yang mengejutkan bila namanya ditahbiskan sebagai pemain terbaik. Winger asal Jepang termasuk pemain yang tampil konsisten sepanjang kompetisi berlangsung.

Sebelum berkarier di Indonesia, nama Taisei Marukawa tentu saja masih asing bagi pecinta sepak bola nasional. Sebab, Persebaya Surabaya merupakan klub Indonesia pertama yang dibelanya dalam sepanjang kariernya.

Dia mengawali karier di negara asalnya, Jepang, dengan membela Hiroshima HS dan Chuo University. Setelah itu, Taisei Marukawa tercatat berkarier ke Eropa dengan membela dua klub Malta, yakni Senglea Athletic dan Valletta.

Taisei jadi fenomena karena baru bergabung Persebaya musim ini dan langsung jadi pemain dengan penampilan paling moncer di BRI Liga 1. Taisei Marukawa telah diandalkan sebagai mesin gol Bajul Ijo.

Marukawa mampu membukukan 17 gol dan 10 assist dalam 32 penampilan BRI Liga 1. Catatan statistik itu cukup untuk menunjukkan bahwa Taisei Marukawa adalah pemain yang layak mendapatkan gelar individu tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Skill Mumpuni

Selain kontribusi lewat gol dan assist, Taisei Marukawa merupakan pemain yang lincah dalam membawa bola. Beberapa kali, dia menjadi pemain yang mendapat pengawalan ketat dari tim lawan.

Belum lagi, pemain bernomor punggung 10 tersebut dibekali kemampuan melepas umpan akurat ke jantung pertahanan lawan. Jangan lupakan juga skill tembakan keras yang kerap dicobanya dari luar kotak penalti.

Taisei Marukawa juga memiliki rekor yang unik dengan pernah dua kali meraih gelar Player of the Month pada Oktober dan Desember 2021. Dia satu-satunya pemain yang pernah dua kali meraih titel tersebut.

3 dari 4 halaman

Pecahkan Rekor Pesepak Bola Jepang di Indonesia

Selain itu, masuk ada rekor yang dipecahkannya yakni sebagai pemain Jepang yang paling banyak mencetak gol di kompetisi Indonesia. Taisei Marukawa pun sukses melewati rekor pemain Jepang lain di Indonesia sebelumnya, yaitu Kenji Adachihara.

Kenji hanya mampu mengoleksi 15 gol dalam satu musim yang dilakoninya saat masih berseragam Bontang FC yang berlaga di ISL 2010-2011.

Berkat kerja kerasnya, Marukawa tentu bakal tidak akan melupakan musim yang fantastis bersama Persebaya. Pada akhir musim, tim Bajul Ijo menduduki peringkat kelima dengan meraih 63 poin.

4 dari 4 halaman

Hasil Persaingan BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer