Sukses


PSSI Terbang ke Belanda untuk Menemui 3 Kandidat Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani, terbang ke Belanda untuk menemui kandidat tiga pemain naturalisasi Timnas Indonesia. PSSI menjemput bola untuk merampungkan proses naturalisasi.

Hasani Abdulgani bertolak ke Belanda pada Rabu (6/4/2022). Hasani Abdulgani tak sendiri dalam lawatannya ke Belanda dan akan didampingi oleh petinggi PSSI lainnya dalam merampungkan proses naturalisasi tiga kandidat pemain Timnas Indonesia.

Hasani Abdulgani dijadwalkan akan melakukan pertemuan tatap muka dengan Sandy Walsh, Jordi, Amat, dan Shayne Pattynama. Kehadiran di Belanda diharapkan bisa segera menyelesaikan proses naturalisasi ketiga pemain tersebut.

"Saya akan ke Belanda untuk bertemu dengan mereka. Tujuan saya ke sana itu meminta tanda tangan mereka di atas materai mereka bersedia menjadi WNI," kata Hasani Abdulgani.

"Jadi, saya ke sana membawa semua berkas. Ada 12 berkas dari 13 yang dibutuhkan dalam proses naturalisasi," tegas Hasani Abdulgani.

Proses naturalisasi Sandy Walsh, Jordi, Amat, dan Shayne Pattynama terkendala dokumen yang masih tertahan di Kemenkumham. PSSI berburu dengan waktu untuk segera menyelesaikan proses naturalisasi ketiganya agar bisa membela Timnas Indonesia mulai Juni 2022.

2 dari 3 halaman

Berharap Lancar

Hasani Abdulgani dan perwakilan PSSI bakal memastikan komitmen Sandy Walsh, Jordi, Amat, dan Shayne Pattynama untuk menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia. Satu di antara caranya adalah kesediaan ketiganya melepas paspor negara masing-masing.

"Kami membutuhkan satu berkas berupa surat pernyataan dari pihak Dubes dan itu memang membutuhkan waktu. Kami tidak tahu berapa lama prosesnya," ucap Hasani Abdulgani.

"Untuk melengkapi surat itu, saya meminta kepada PSSI dibuatkan surat kepada pemain tersebut untuk melepas kewarganegaraan mereka," tegas Hasani Abdulgani.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara yang menganut sistem kewarganegaraan tunggal. Artinya, Sandy Walsh, Jordi, Amat, dan Shayne Pattynama harus melepas kewarganegaraan masing-masing bila setuju dinaturalisasi.

3 dari 3 halaman

Upaya Terakhir

Ini menjadi upaya terakhir bagi PSSI untuk menaturalisasi Sandy Walsh, Jordi, Amat, dan Shayne Pattynama. Bila gagal, maka PSSI akan merelakan ketiganya batal dinaturalisasi.

"Ketua Umum menyuruh saya berangkat sebagai opsi terakhir. Kalau ini tidak gol juga, ya sudah," ucap Hasani Abdulgani.

Video Populer

Foto Populer