Sukses


Persis, Dewa United, dan RANS Harus Waspada, BRI Liga 1 Lanjutkan Tren Tim Promosi Langsung Degradasi

Bola.com, Jakarta - Ada fakta menarik dari keberlangsungan kompetisi sepak bola tanah air, Liga 1. Dari musim ke musim, selalu ada tim promosi yang gagal mempertahankan eksistensi mereka di kasta tertinggi.

Promosi dengan status runner-up Liga 2, PSMS Medan justru kelabakan menghadapi persaingan di musim 2018. Alhasil, tim berjuluk Ayam Kinantan terbenam di dasar klasemen Liga 1.

Semusim berselang, giliran Semen Padang dan Kalteng Putra yang mengalami derita serupa. Sempat menjanjikan di awal kompetisi, nyatanya mereka tak sanggup mengejar gap dari klub-klub lainnya.

Catatan tersebut kembali dilanjutkan Persiraja Banda Aceh di BRI Liga 1 2021/22. Tampil dengan skuad 'seadanya' sejak awal kompetisi, membuat klub berjuluk Laskar Rencong itu kesulitan tampil kompetitif.

Jika meninjau hal tersebut, tiga klub promosi musim ini tentu wajib waspada. Persis Solo, RANS Cilegon FC dan Dewa United harus benar-benar mempersiapkan timnya dengan baik jika tak mau kembali ke divisi kedua.

Lantas, bagaimana persiapan mereka menyambut Liga 1 musim depan? Berikut ulasan selengkapnya.

 

2 dari 5 halaman

Persis Solo Bakal Gebrak Bursa Transfer

Persis Solo tampak tenang menghadapi bursa transfer kali ini. Mayoritas skuad yang membawa mereka juara Liga 2 2021 lalu masih berada di sana untuk menyongsong kompetisi musim depan.

Tetapi bukan Persis jika tak mampu 'merusak' bursa transfer. Sederet nama tenar semisal Marko Simic dan Stefano Lilipaly terus dikaitkan dengan klub berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut.

Satu hal yang pasti, Moch. Shulton Fajar dkk dipastikan bakal ditangani pelatih kawakan, Jacksen F. Tiago. Pria asal Brasil itu sebelumnya menjabat sebagai manajer tim saat membawa Persis promosi.

 

3 dari 5 halaman

RANS Cilegon FC Masih Adem Ayem

Selain kedatangan legenda Barcelona dan tim nasional Brasil, Ronaldinho, untuk pertandingan eksebisi di laga pramusim. Belum ada lagi kabar yang datang dari RANS Cilegon FC.

Meskipun rumor kedatangan pemain-pemain bintang terus mengitari. Belum ada satu pun pemain baru yang diperkenalkan secara resmi oleh klub yang dimiliki Raffi Ahmad ini.

Selain itu, mereka juga belum menentukan siapa pelatih kepala untuk musim depan. Rahmad Darmawan yang membawa mereka promosi diketahui sudah tak memiliki keterikatan dengan mereka.

 

4 dari 5 halaman

Dewa United Rombak Tim

Langkah cepat langsung dilakukan Dewa United selepas BRI Liga 1 2021/22 berakhir. Mereka mengangkat pelatih berpengalaman dalam diri Nil Maizar untuk mengarungi kompetisi mendatang.

Klub berjuluk Tangsel Warrior ini juga telah mengumumkan 12 pemain yang dipertahankan. Bahkan, Dewa United menjadi klub kedua yang menjalani latihan perdana setelah Persis Solo.

Untuk tambahan pemain di skuadnya, Dewa United terlihat cukup berhati-hati. Mereka tak ingin salah langkah dengan melakukan perekrutan pemain yang tak sesuai dengan skema yang diusung pelatih.

5 dari 5 halaman

Posisi Akhir BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer