Sukses


PSSI Sebut 2 Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Sudah Teken Surat Pernyataan Siap Melepas Kewarganegaraan

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) meminta surat pernyataan di atas materai dari tiga calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Surat pernyataan itu berisikan kesediaan melepas status kewarganegaraan yang lama untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Surat itu juga perlu bertanda tangan ketiganya.

PSSI sedang memproses naturalisasi tiga pemain keturunan di Eropa untuk Timnas Indonesia. Ketiganya adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

PSSI mengabarkan bahwa proses naturalisasi masih mentok di Kemenkumham karena menyangkut sejumlah dokumen yang belum bertanda tangan ketiganya, termasuk surat pernyataan.

PSSI telah mengutus anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani dan perwakilan PSSI, Hamdan Hamedan untuk pergi ke Eropa menemui Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

"PSSI serius mengawal proses naturalisasi pemain yang sebelumnya sudah kami ajukan ke pemerintah sesuai permintaan pelatih Shin Tae-yong," imbuh Iriawan dinukil dari laman PSSI, Selasa (12/4/2022).

"Hasani dan Hamdan sudah bertemu mereka di sana dan memberikan perkembangan setiap harinya. Hasilnya positif. Semoga mereka cepat bisa gabung dengan Timnas Indonesia," terangnya.

 

2 dari 3 halaman

Sudah Bertanda Tangan

Hasani dan Hamdan telah bertemu Jordi Amat beserta keluarga besarnya dan Sandy Walsh, namun masih mencari waktu untuk bertatap muka dengan Shayne Pattynama.

Hasani dan Hamdan juga sudah mendapatkan tanda tangan dari Sandy Walsh dan Jordi Amat. "Respons dari para pemain sangat senang dan positif," tutur Iriawan.

"Dokumen yang memerlukan tanda tangan mereka pun sudah bertanda tangan. Semoga proses naturalisasi ini bisa segera rampung dan selesai secepat mungkin," jelasnya.

PSSI menargetkan naturalisasi ketiganya rampung sebelum pertengahan tahun ini untuk bisa membela Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022.

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertemuan dengan Shayne Pattynama

Kepada Bola.com pada Minggu (12/4/2022), Hasani juga berencana untuk bertemu dengan Shayne Pattynama. Namun, waktunya terancam tidak memungkinkan.

Hasani bilang bahwa Shayne Pattynama menjadwalkan pertemuan pada Rabu (13/4/2022), sementara pada hari yang sama ia akan pulang ke Indonesia.

"Saya belum bertemu Pattynama karena dia di Norwegia. Dia berjanji pada Rabu, 14 April 2022 akan ke Belanda. Namun, Rabu siang saya akan pulang. Mudah-mudahan bisa bertemua atau lihat nanti," papar Hasani.

Video Populer

Foto Populer