Sukses


Rasa Bangga dari Mantan Striker Persija, Ada Tetesan Darahnya di Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Jakarta - Semua orang tua pasti bahagia bila anaknya bisa meraih cita-citanya. Begitu juga yang dirasakan Purwanto Suwondo. Selama sepekan terakhir, mantan striker Persija itu merasa sangat bungah hatinya.

Pasalnya, anak sulungnya, Akhan Kaka Putra, menjadi satu di antara dari 40 pemain yang dipanggil PSSI untuk menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-16 di Jakarta.

Timnas kelompok usia yang dibesut Bima Sakti ini disiapkan untuk tampil di Piala AFF U-16 2022 dan Kualifikasi Piala AFC U-17 2023.

"Sebagai orangtua jelas saya bahagia dan bangga Kaka Putra dipanggil ke Timnas Indonesia. Jalan karirnya masih panjang. Dan, ini masih awal dari perjalanan itu," kata Purwanto.

Apalagi, lanjut eks striker Timnas Indonesia ini, anaknya masih dalam tahap seleksi. Makanya, Purwanto memotivasi Kaka Putra untuk berlatih keras agar cita-citanya terwujud.

2 dari 3 halaman

Diasah Sejak Dini

Sejak usia dini Purwanto sendiri yang mengasah keterampilan sang anak di SSB Mitra Tunas Muda Blitar. Musim lalu, Kaka Putra masuk skuat Bhayangkara FC di ajang Elite Pro Academy U-16.

"Dia masih seleksi. Jadi segala kemungkinan bisa terjadi. Apakah dia bisa lanjut jadi pemain definitif atau tersingkir. Tapi saya berdoa dan memberi semangat agar Kaka tak mensia-siakan kesempatan ini," ujarnya.

"Di EPA, Kaka jadi topscorer kedua dengan sembilan gol. Dua bulan terakhir, dia bergabung dengan Persis Youth," beber eks pelatih Persiba Bantul.

3 dari 3 halaman

Striker Ideal

Tampaknya darah Purwanto sebagai penyerang handal menetes di tubuh Kaka Putra. Dengan tinggi badan 186 cm, Kaka Putra sangat ideal menjadi seorang bomber di tim.

"Saya kalah tinggi dengan Kaka. Untuk pemain seumur dia, Kaka punya modal sebagai striker. Naluri golnya juga bagus. Semoga prestasinya bisa lebih bagus ketimbang saya," ucapnya.

Video Populer

Foto Populer