Sukses


Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Timor Leste, SEA Games 2021: Memori Buruk 5 Tahun Lalu di Malaysia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan menjajal Timor Leste U-23 dalam laga kedua di fase Grup A SEA Games 2021 di Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022).

Timor Leste tak bisa dipandang remeh. Selain itu, Indonesia juga punya pengalaman buruk di SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Evan Dimas dan Marinus Wanewar menjadi korban kerasnya duel Timnas Indonesia U-22 melawan Timor Leste pada babak penyisihan Grup B SEA Games 2017, Minggu (20/8/2017) di Stadion Selayang, Selangor.

Dalam laga yang berakhir 1-0 untuk kemenangan Indonesia, Evan dan Marinus mendapat kartu kuning dari wasit saat terjadi pertikaian pemain kedua tim. Wasit Nagor Amir Bin Noor Mohamed memberikan kartu kuning. Padahal, kejadian bermula karena permainan Timor Leste yang keras.

Evan Dimas dilanggar, lalu terjai adu mulut antara Felipe Olveira dengan Evan. Felipe mendorong Evan hingga terjatuh. Kejadian itu menyulut emosi pemain kedua tim. Marinus beradu mulut dengan pemain Timor Leste. Beruntung ia dicegah oleh rekannya sehingga tidak sampai terjadi kontak fisik.

Di SEA Games 2017, Indonesia mendapat medali perunggu setelah pada perebutan tempat ketiga mengalahkan Myanmar.

2 dari 4 halaman

Laga Keras

Pelatih Luis Milla memberikan Instruksi kepanda Evan Dimas saat melawan Timor Leste pada  SEA Games 2017 di Stadion Selayang, Selangor, Minggu (20/8). Indonesia menang 1-0. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejak laga babak kedua, pemain Timor Leste memang bermain cukup keras. Pemain Timor Leste sering mengangkat kaki terlalu tinggi sehingga berbahaya bagi pemain lawan. Evan pun nyaris kena pada babak pertama. Beruntung, Evan bisa menghindar.

Wasit asal Malaysia itu lalu memberi kartu kuning kepada Evan dan Marinus. Sementara, Felipe langsung diganjar kartu merah. Namun, ini justru menjadi kerugian bagi Indonesia.

Evan Dimas bakal absen saat Timnas Indonesia U-22 menjalani laga krusial melawan Vietnam. Pasalnya, Evan telah mendapat kartu kuning saat Indonesia melawan Filipina.

3 dari 4 halaman

Pemain Timor Leste Viral

Wasit Nagor Amir Amir Bin Noor Mohamed melihat Evan Dimas terjatuh oleh dorongan pemain Timor pada laga penyisihan grup B SEA Games 2017 di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Malaysia, Minggu (20/8). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sosok Filipe Oliveira viral pada saat itu. Ia menjadi bulan-bulanan suporter Timnas Indonesia. 

Pelatih Timor Leste, Kim Shin-hwan juga mengaku kecewa dengan penampilan Filipe yang akhirnya diberi kartu merah. Dalam dua hari terakhir, Filipe menjadi sasaran tembak warga net Indonesia. 

Kiper asal Indonesia Dedi Haryanto, yang pernah bermain di Liga Amadora Timor Leste, mengenal sosok Filipe. Dedi yang saat ini membela Persatu Tuban di Liga 2 mengaku kenal akrab dengan Filipe Oliveira dan mayoritas pemain timnas Timor Leste.

"Ya kenal. Tak hanya dengan Filipe, tapi hampir semua pemain timnas itu saya kenal. Tapi saya paling akrab dengan Filipe, bek kiri Adeslon Colhu, dan kiper timnasnya," tutur Dedi yang menjadi kiper ketiga Persib pada musim 2009.

4 dari 4 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid) 

Video Populer

Foto Populer