Sukses


Witan Sulaeman, Bintang Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021: Makin Matang dan Produktif

Bola.com, Jakarta - Perkembangan signifikan terus diperlihatkan Witan Sulaeman dalam karier sepak bolanya di Timnas Indonesia. Menjadi andalan Indra Sjafri sejak di Timnas Indonesia U-19, pemain yang kini bermain bersama klub Slowakia, FK Senica, itu terus memperlihatkan performa yang ciamik saat membela klub maupun tim nasional.

Witan Sulaeman sudah menjadi andalan Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-19 sejak 2017. Bersama Egy Maulana Vikri, Witan kerap menjadi motor permainan tim yang berhasil menjadi tim peringkat ketiga di Piala AFF 2017 dan 2018.

Kini Witan pun menjadi satu di antara andalan Shin Tae-yong untuk membuat lini serang Timnas Indonesia makin tajam, mulai dari ketika membela Timnas Indonesia senior di Piala AFF 2020 maupun bersama Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 ini.

Performa pemain kelahiran Palu, Sulawesi Tengah, itu memang terus berkembang sejak pertama kali muncul sebagai bagian dari Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri pada 2017. Harus diakui pengalaman Witan Sulaeman bermain di luar negeri menjadi faktor penting perkembangan kariernya.

2 dari 5 halaman

Dua Gol untuk Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Timnas Indonesia U-23 sejauh ini sudah dua kali bermain di SEA Games 2021. Pertama kalah 0-3 dari Vietnam di laga pertama Grup A, Jumat (6/5/2022), dan kemudian menang 4-1 atas Timor Leste, Selasa (10/5/2022).

Dalam kemenangan yang diraih oleh Tim Garuda Muda atas Timor Leste, Witan Sulaeman berhasil mencetak dua gol yang penting.

Pertama melalui tandukan yang memanfaatkan lemparan ke dalam Alfreandra Dewangga, dan kemudian memanfaatkan umpan pendek Saddil Ramdani.

Dua gol tersebut menjadi bukti bahwa keberadaan Witan Sulaeman menjadi sangat krusial dalam lini serang Timnas Indonesia di SEA Games 2021.

Tentunya dalam dua pertandingan berikutnya, menghadapi Filipina (13 Mei 2022) dan Myanmar (15 Mei 2022), Witan masih bisa menambah koleksi golnya.

Namun, bukan hanya di SEA Games 2021 ini saja Witan sebenarnya memperlihatkan kualitasnya sebagai pencetak gol. Pada akhir tahun lalu, Piala AFF 2020 menjadi ajang baginya untuk tampil bagus bersama Timnas Indonesia senior.

3 dari 5 halaman

Membawa Timnas Indonesia Sampai Final Piala AFF 2020

Boleh dibilang 2021 menjadi tahun yang bagus bagi Witan Sulaeman bersama Timnas Indonesia. Ia mengemas dua gol di level Timnas Indonesia U-23 dan mencetak empat gol di level timnas senior.

Bersama Timnas Indonesia senior, Witan Sulaeman berperan penting membawa Timnas Indonesia melangkah ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Ia mencetak gol ketiga dalam kemenangan 3-0 yang dibuat Tim Garuda di Buriram Stadium, 11 Oktober 2021.

Dalam persiapan menuju Piala AFF 2020 yang digelar pada akhir 2021, Witan sempat memperlihatkan ketajamannya ketika mencetak gol ketiga ke gawang Myanmar dalam kemenangan 4-1 yang diraih Tim Garuda dalam laga persahabatan di Turki pada 25 November 2021.

Ketika tampil di Piala AFF 2020, di mana Timnas Indonesia mampu melangkah hingga final turnamen yang digelar di Singapura itu, Witan Sulaeman berhasil mencetak dua gol, masing-masing ke gawang Laos di fase grup dan Singapura di semifinal.

4 dari 5 halaman

Makin Cemerlang di Level Klub

Witan Sulaeman adalah pemain yang lebih dulu dikenal luas karena kecemerlangannya bersama tim nasional ketimbang bersama klub. Justru kecemerlangannya di level Timnas Indonesia U-19 membawanya mendapatkan klub.

PSIM Yogyakarta menjadi klub profesional pertama Witan Sulaeman setelah lulus dari Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan. Witan bergabung bersama PSIM pada 17 Agustus 2019 dengan usianya yang baru 17 tahun.

Witan Sulaeman pun mendapatkan kesempatan untuk tampil di level Liga 2 dalam awal kariernya hingga pemain berlabel tim nasional ini mdilirik klub Serbia, Radnik Surdulica. Witan menandatangani kontrak berdurasi 3,5 tahun pada Februari 2020.

Tak begitu banyak memberikan kontribusi bersama Radnik Surdulica, Witan Sulaeman kemudian direkrut oleh klub Polandia, Lechia Gdansk. Klub Polandia itu baru saja melepas Egy Maulana Vikri dan kemudian memutuskan merekrut sahabat Egy itu untuk bergabung pada 1 September 2021.

Tak mendapatkan terlalu banyak kesempatan bersama Lechia Gdansk, termasuk tim lapis kedua, Witan kemudian dipinjamkan ke klub Slowakia, FK Senica, yang juga menjadi klub yang dibela Egy Maulana Vikri. Dua sahabat ini pun bisa bermain bersama.

Performa Witan di FK Senica cukup baik. Ia membuat gol pertamanya untuk FK Senica ketika menghadapi SV Sasona Arena di Piala Slowakia. Sementara di perempat final kompetisi yang sama, yaitu ketika menghadapi FK Phoronie, Witan mencetak satu gol dan satu assist dalam pertandingan tersebut.

5 dari 5 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer