Sukses


Bernardo Tavares Puji Totalitas Striker Anyar PSM, Baru Main di Liga Bahrain Langsung Join Latihan

Bola.com, Makassar - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares memuji totalitas dan sikap profesionalisme yanng ditunjukan striker anyar Juku Eja, Everton Nascimento.

Penyerang berdarah Brasil itu sudah terlihat bergabung bersama rekan setimnya di Lapangan Bosowa Sport Center, Senin (23/5/2022) sore. Padahal, ia baru tiba di Makassar, Minggu (22/5/2022) malam.

"Saya respek dengan kepedulian Everton terhadap PSM. Pekan lalu, ia masih tampil pada laga terakhir klubnya di Liga Bahrain," ujar Bernardo Tavares kepada awak media Makassar usai memimpin latihan timnya.

"Everton bilang ke saya ingin langsung latihan untuk mengikuti persiapan tim menghadapi Piala AFC 2022," lanjutnya.

Meski sudah bergabung dalam skuad PSM Makassar, Bernardo memberikan kesempatan kepada Everton untuk memaksa diri melahap program latihan secara utuh. 

2 dari 5 halaman

Masalah Kebugaran

Selain Everton, ada sejumlah pemain PSM Makassar lainnya yang malah tak mengikuti latihan karena terkendala kebugaran usai uji coba menghadapi Persim Maros, Sabtu (21/5/2022).

"Mereka ingin menunjukkan kemampuan terbaiknya. Tapi, secara fisik, mereka belum siap. Bagi saya, ini hal yang normal di masa persiapan awal tim," terang pelatih asal Portugal ini.

Everton enggan berkomentar. Usai latihan, eks penyerang Al-hidd (Bahrain) ini buru-buru meninggalkan lokasi dan bergegas pulang ke hotel tempatnya menginap selama di Makassar.

3 dari 5 halaman

Uji Coba Kontra PSIS

Setelah ditantang Persim Maros, PSM kembali akan meladeni tantangan klub Liga 3 Sulawesi Barat, OTP 37 Mamuju di Lapangan Bosowa Sport Center, Selasa (24/5/2022).

Seperti pada ujicoba sebelumnya, Tavares menegaskan dirinya hanya ingin melihat kemampuan pemain sebelum menentukan pilihan atau kerangka tim. Menurut Tavares, tak mudah buat dirinya dan PSM mendapatkan pemain berkualitas karena sudah bergabung di klub Liga 1 lainnya.

Alhasil, Tavares akan mengoptimalkan materi yang ada seraya mencari pemain yang kualitasnya memenuhi standar minimal yang diinginkannya.

4 dari 5 halaman

Persiapan Piala AFC

Alasan itulah yang membuat Bernardo Tavares juga tak mematok target hasil saat PSM menghadapi tuan rumah PSIS Semarang pada uji coba lanjutan di Stadion Jatidiri Semarang, Sabtu (28/5/2022).

"Sekali lagi, tim ini sedang berada dalam masa persiapan untuk menghadapi Piala AFC. Tentu, tak ada tim yang ingin kalah. Tapi, saya memilih realistis," tegas Bernardo Tavares.

PSM berkiprah di Piala AFC 2020 pada 24-30 Juni mendatang. Skuad Juku Eja tergabung di Grup H bersama Kuala Lumpur FC (Malaysia) dan Tampines Rovers (Singapura).

"Masih ada waktu sepekan sebelum pertandingan untuk mendaftarkan pemain sekaligus kemungkinan mengubah komposisi tim untuk tampil di Piala AFC," pungkas Bernardo Tavares.

5 dari 5 halaman

Jejak PSM Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer