Sukses


Selesaikan Proses Naturalisasi untuk Timnas Indonesia, Shayne Pattynama Merapat ke Tanah Air Pekan Depan

Bola.com, Jakarta - PSSI mengonfiramasi kedatangan Shayne Pattynama untuk menyelesaikan proses naturalisasi di Timnas Indonesia. Rencananya, Shayne Pattynama akan tiba di Tanah Air pekan depan.

Shayne Pattynama akan mengikuti jejak Jordi Amat dan Sandy Walsh yang sudah menyambangi Indonesia. Seperti diketahui, proses naturalisasi kedua nama di atas untuk Timnas Indonesia sudah rampung.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyebut ada sejumlah agenda yang akan dilakukan Shayne Pattynama selama di Indonesia. Shayne Pattynama akan mengunjungi Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, melakoni wawancara tertutup bersama Badan Intelijen Negara (BIN), dan menjalani tes kesehatan.

"Shayne sudah konfirmasi akan datang untuk memenuhi rangkaian agenda terkait proses naturalisasinya. Atas arahan Ketua Umum, PSSI akan kembali mengawal proses ini hingga selesai," kata Yunus Nusi.

"Pemerintah melalui Kemenpora dan Kemenkumham sangat membantu semua proses naturalisasi untuk Timnas Indonesia. Semoga semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan bisa terpenuhi," tegas Yunus Nusi.

2 dari 5 halaman

Berburu dengan Waktu

PSSI menyebut proses naturalisasi Shayne Pattynama sudah berada pada jalur yang tepat. Proses ini diharapkan bisa segera selesai begitu sang pemain datang ke Indonesia.

"Pihak Kemenkumham sangat membantu dan mendukung proses naturalisasi Shayne Pattynama ini agar selesai dengan cepat," ucap Yunus Nusi.

Kehadiran Shayne Pattynama tentu bakal menjadi tambahan amunisi buat Timnas Indonesia. Shayne Pattynama merupakan pemain yang dipilih Shin Tae-yong untuk memperkuat Tim Garuda.

3 dari 5 halaman

Persaingan Ketat

Timnas Indonesia mendapatkan lawan yang tidak mudah pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Pasukan Shin Tae-yong itu akan bersaing dengan Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Timnas Indonesia akan menemui jalan terjal untuk bisa tampil di Piala Asia 2023. Saat ini, tersisa 11 tiket yang akan diperebutkan 24 tim.

Jumlah tersebut dirinci menjadi enam tiket langsung ke Piala Asia 2023 yang diraih oleh para juara masing-masing grup. Adapun lima tiket sisanya akan diperebutkan runner-up grup terbaik.

Mereka akan dipertemukan pada klasemen kecil yang terdiri dari semua runner-up dari keenam grup. Artinya, dari enam grup ada satu runner-up yang tak akan lolos ke Piala Asia 2023.

4 dari 5 halaman

Kebut Persiapan

Jadwal terdekat pertama adalah Shin Tae-yong bakal mempersiapkan Timnas Indonesia untuk beruji coba dengan Bangladesh dalam FIFA Matchday di Bandung pada 1 Juni 2022.

Laga latih tanding melawan Bangladesh juga menjadi pemanasan bagi Timnas Indonesia sebelum mengarungi Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

Timnas Indonesia akan bertanding dengan Kuwait, Yordania, dan Nepal pada 8-14 Juni 2022 untuk berebut tiket menuju putaran final Piala Asia 2023.

5 dari 5 halaman

Jadwal Kualifikasi Piala Asia 2023

  • 8/6/2022 - Kuwait Vs Timnas Indonesia
  • 11/6/2022 - Timnas Indonesia Vs Yordania
  • 14/6/2022 - Timnas Indonesia Vs Nepal

Video Populer

Foto Populer