Sukses


Medali Perak SEA Games 2021 Jadi Pembuktian dari Timnas Futsal Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pivot Timnas Futsal Indonesia, Evan Soumilena, merasa bangga bisa mempersembahkan medali perak SEA Games 2021. Menurut Evan Soumilena, medali perak ini jadi pembuktian dari Timnas Futsal.

Timnas Futsal Indonesia meraih medali perak di SEA Games 2021 setelah finis di urutan kedua. Seperti diketahui, pertandingan futsal di SEA Games menggunakan sistem round robin.

Timnas Futsal Indonesia mengumpulkan delapan poin hasil empat pertandingan. Pasukan Mohammad Hashemzadeh hanya terpaut dua poin dari Thailand yang meraih medali emas SEA Games 2021.

"Salah satu pembuktian dari Timnas Futsal Indonesia. Timnas Futsal dapat bicara banyak di Asia Tenggara," kata Evan Soumilena kepada wartawan di Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Medali perak merupakan pencapaian tertinggi Timnas Futsal Indonesia di SEA Games. Timnas Futsal sebelumnya hanya mampu meraih medali perunggu pada edisi 2007, 2011.dan 2013.

2 dari 5 halaman

Mampu Bersaing

Evan Soumilena juga menegaskan, Timnas Futsal Indonesia sebenarnya mampu bersaing di SEA Games 2021. Timnas Futsal Indonesia diklaim hanya kurang beruntung gagal meraih medali emas.

"Menurut saya, sebenarnya tidak ada yang terlalu susah. Mungkin nasib-nasiban saja begitu," ucap Evan Soumilena.

"Bisa bersainglah di Asia Tenggara. Secara permainan dan juga banyak belajar dari pelatih Mohammad Hashemzadeh serta coach Kensuke Takahashi," tegas pemain 25 tahun itu.

3 dari 5 halaman

Kembali ke Klub

Sementara itu, pelatih Mohammad Hashemzadeh menyebut para pemain Timnas Futsal Indonesia akan kembali ke klub masing-masing setelah tampil di SEA Games 2021. Menurut Hashemzadeh, para pemainnya akan berlaga di Liga Futsal Profesional Indonesia 2022.

Setelah itu, nantinya para pemain akan berkumpul kembali untuk persiapan pemusatan latihan jelang Piala Asia 2022. Seperti diketahui, Piala Asia Futsal 2022 akan berlangsung pada September mendatang di Kuwait.

"Setelah SEA Games, pemain kembali ke klub dan mereka akan bermain di liga. Setelah itu, mereka akan kembali untuk menjalani pemusatan latihan," ucap Mohammad Hashemzadeh.

4 dari 5 halaman

TC dan Uji Coba Luar Negeri

Timnas Futsal Indonesia berencana menggelar pemusatan latihan dan laga uji coba di luar negeri. Pelatih Mohammad Hashemzadeh menyebut, agenda ini dilakukan sebagai persiapan menuju Piala Asia 2022.

Saya rasa sebulan sebelum Piala Asia kami harus sudah menggelar pemusatan latihan. Memang kami juga berencana melakukan pemusatan latihan dan uji coba di luar negeri," kata Mohammad Hashemzadeh.

"Akan tetapi, kami belum tahu saat ini akan ke negara mana dan siapa lawannya. Saya masih mencari negara mana yang akan kami jadikan tempat pemusatan latihan. Kemungkinan kami akan pemusatan latihan dan uji coba di Iran atau Eropa," tegas pelatih asal Iran itu.

5 dari 5 halaman

Perjalanan Timnas Futsal Indonesia

  • 11/5/2022 - Vietnam 1-1 Timnas Futsal Indonesia
  • 14/5/2022 - Timnas Futsal Indonesia 6-0 Myanmar
  • 16/5/2022 - Malaysia 0-3 Timnas Futsal Indonesia
  • 18/5/2022 - Timnas Futsal Indonesia 1-1 Thailand

Video Populer

Foto Populer