Sukses


Dear Pemerintah dan PSSI, Mesut Ozil Ungkap 2 Saran Agar Sepak Bola Indonesia Maju

Bola.com, Jakarta - Mesut Ozil memberikan dua saran kepada Pemerintah dan PSSI agar sepak bola Indonesia bisa maju. Menurut Ozil, Pemerintah harus membangun infrastruktur yang bagus untuk sepak bola dan juga mengembangkan pemain muda di akademi.

Menurut Mesut Ozil, perkembangan sepak bola di Indonesia sejauh ini sudah sangat signifikan. Sepak bola akan semakin bagus bila Pemerintah dan PSSI mau berinvestasi dan mengeluarkan banyak uang untuk kedua aspek tersebut.

"Untuk sepak bola Indonesia, tentu saja sepak bola semakin berkembang di sini. Akan tetapi, infrastrukturnya masih kurang. Indonesia harus berani berinvestasi di bidang infrastruktur dan akademi pemain muda," kata Mesut Ozil.

"Jadi, jika ingin sepak bolanya sukses, Indonesia harus menghabiskan uang lebih banyak pada dua hal tersebut. Sehingga nanti bisa mendukung sepak bola Indonesia ke depannya," tegas pemain Fenerbahce tersebut.

Mesut Ozil melakukan kunjungan ke Indonesia atas undangan brand sepatu, Concave. Rencananya, Mesut Ozil akan berada di Indonesia selama empat hari. 

2 dari 5 halaman

Sapaan Hangat

Mesut Ozil dikenal sebagai pesepak bola yang ramah. Sepanjang kunjungannya ke Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mesut Ozil tak henti menembar senyuman kepada masyarakat.

"Assalamualaikum, saya sangat senang berada di Indonesia. Ada banyak penggemar saya di sini dan saya bisa bertemu dengan semua penggemar di sini sekarang," kata Mesut Ozil.

Mesut Ozil akan berada di Indonesia selama empat hari. Berbagai agenda menarik akan dilakukan Ozil dalam kunjungannya ke Tanah Air.

3 dari 5 halaman

Suka Kuliner

Selama di Indonesia, Mesut Ozil mengaku sudah mencicipi sejumlah kuliner Tanah Air. Ozil sudah menyantap gado-gado dan rendang.

Pemain asal Jerman itu, mengaku cocok dengan rendang. Ozil ternyata juga sangat menggemari makanan yang berasa pedas.

"Kesan pertama saya tentang Indonesia, makanannya luar biasa. Saya juga suka makanan pedas, sehingga cocok," ucap Ozil.

4 dari 5 halaman

Tertarik dengan Budaya Indonesia

Dihadapan Sandiaga Uno, Mesut Ozil mengaku kagum dengan keanekaragaman budaya Indonesia. Ozil berandai bila menjadi Duta Pariwisata Indonesia akan mengenalkan budaya dan tempat wisata yang indah.

"Jika saya menjadi duta pariwisata, bukan hanya desitansi wisata saja yang akan saya promosikan. Saya akan berusaha mempromosikan budaya dan adat," ucap Ozil.

"Selain itu, saya akan berusaha mengajak orang Turki untuk mengunjungi Indonesia. Kemudian juga mengajak masyarakat Indonesia untuk mengunjungi Turki," ujar pemain berusia 33 tahun itu.

5 dari 5 halaman

Perancang Sepatu

Selain sebagai pesepak bola profesional, Mesut Ozil juga ternyata merupakan perancang sepatu dari Concave. Mesut Ozil berperan sebagai Global Creative Director di Concave Asia.

Ozil turut merancang sepatu Concave M10 Gradient. Ozil menyebut, sepatu hasil rancangannya itu sangat nyaman dan cocok digunakan untuk keseharian.

"Sebagai pesepak bola, saya membutuhkan sepatu yang nyaman. Sepatu ini sangat nyaman dan tidak ada masalah saya gunakan," tegas Mesut Ozil.

Video Populer

Foto Populer