Sukses


3 Pemain Naturalisasi di Skuad Timnas Indonesia Vs Bangladesh: Kembalinya Lilipaly

Bola.com, Jakarta - Ada 29 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia jelang laga menghadapi Bangladesh di uji coba internasional, Rabu (1/6/2022) mendatang.

Tidak ada pemain yang benar-benar baru dalam daftar 29 pemain itu. Semua pemain yang dipanggil Shin tidak asing dengan Timnas Indonesia.

Sebagian besar merupakan pemain yang dipakai Shin Tae-yong di Timnas Indonesia yang berlaga di Piala AFF 2020 yang lalu.

Ada pula pemain yang merasakan pemanggilan ke Timnas Indonesia senior untuk pertama kali di era Shin. Pemain yang dimaksud adalah Dimas Drajad.

 

2 dari 6 halaman

Masih Ada yang Menyusul?

Satu hal lain yang menarik adalah adanya tiga pemain naturalisasi yang dipanggil Shin Tae-yong. Mereka adalah Stefano Lilipaly, Marc Klok, dan Elkan Baggott.

Selain itu, ada tiga pemain naturalisasi yang bakal menyusul untuk bergabung menjadi pemain Timnas Indonesia. Ya, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama sedang menyelesaikan proses akhir naturalisasi mereka.

Ketiganya diperkirakan masih belum bisa tampil di laga melawan Bangladesh. Namun, saat Kualifikasi Piala Asia mendatang, ketiganya diharapkan sudah bisa ditampilkan.

 

3 dari 6 halaman

Stefano Lilipaly

Masuknya pemain berusia 32 tahun ini kembali ke skuad Timnas Indonesia cukup menarik perhatian. Ini adalah pertama kali Shin Tae-yong memanggil Lilipaly.

Pemain yang kini memperkuat Borneo FC ini punya kemampuan menarik. Ia bisa dengan baik dimainkan di posisi winger kanan, kiri, maupun gelandang serang.

Lilipaly juga sudah cukup lama tidak bermain di Timnas Indonesia. Terakhir kali Lilipaly melakukannya pada akhir tahun 2019 yang lalu.

Laga resmi terakhir Lilipaly bersama skuad Garuda terjadi di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 15 Oktober 2021. Saat itu Indonesia kalah 1-3 dari Vietnam di Bali.

 

4 dari 6 halaman

Marc Klok

Klok sudah menunjukkan kualitasnya di SEA Games 2021 bersama Timnas Indonesia U-23. Sebagai salah satu dari tiga pemain senior yang dibawa, Klok mampu tampil maksimal.

Pemain berusia 29 tahun itu mampu menjadi andalan utama sebagai gelandang bertahan. Ia selalu dimainkan dari laga pertama fase grup hingga babak perebutan medali perunggu.

Bahkan, di laga perebutan medali perunggu, Klok mampu menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Malaysia. Eksekusi penalti sempurna yang ia lakukan menjadi penentu kemenangan Garuda Muda.

Laga melawan Bangladesh bisa jadi laga debut resmi Klok bersama Timnas Indonesia senior. Laga itu bakal jadi caps pertamanya, tentu dengan catatan dia dimainkan.

 

5 dari 6 halaman

Elkan Baggott

Satu hal yang paling menarik perhatian dari Baggott adalah postur tubuhnya yang tinggi besar. Tinggi badannya yang mencapai 194 cm menjadi senjata tersendiri.

Dalam sejarah, Timnas Indonesia belum pernah punya pemain dengan profil seperti Baggott. Pemain Ipswich Town ini juga masih sangat muda, 19 tahun. Ia masih bisa sangat berkembang menjadi bek yang hebat.

Sejauh ini, Baggott sudah punya enam caps bersama Timnas Indonesia senior. Ia tampil cukup baik di Piala AFF 2020 lalu.

Laga melawan Bangladesh akan menjadi kesempatan selanjutnya bagi Baggott untuk menunjukkan potensinya dan terus berkembang.

6 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Vs Bangladesh

Timnas Indonesia Vs Bangladesh

  • Rabu 1 Juni 2022
  • Kick-off: Akan ditentukan

Video Populer

Foto Populer