Sukses


Gokil Nih Timnas Indonesia U-19, Venezuela Sampai Harus Minta Tolong Pelatih Timnas Argentina : Wow Banget Kan

Bola.com, Jakarta - Penyelenggaraan Turnamen Toulon 2022 menjadi satu di antara ajang bergengsi versi Timnas Venezuela. Mereka melakukan beragam persiapan, termasuk memanggil delapan pemain yang berkarier di luar negeri.

Selain itu, 13 bintang lokal, yang di dalamnya ada tiga pemain timnas senior Venezuela, menjadi senjata agar berjaya di Prancis. Adangan mereka yang pertama adalah Timnas Indonesia U-19, yang bakal mengancam di Stade de Lattre-de-Tassigny, Aubagne.

Bukan perkara mudah bagi Timnas Venezuela saat bersua Timnas Indonesia U-19. Pasukan Dzenan Radoncic dan Bima Sakti sudah menyiapkan diri jauh-jauh hari.

 

2 dari 7 halaman

Makan Latihan

Tim Garuda Muda sudah melahap berbagai bentuk latihan, termasuk 'mengembara' ke Korea Selatan. Oleh karena itu, sisi kolektivitas dan strategi menjadi daya gempur mematikan Timnas Indonesia.

Artinya, jika timnas Venezuela bermain 'biasa-biasa' saja, hasilnya bisa tak sesuai prediksi. Oleh karena itulah, federasi sepak bola Venezuela (FVF) sampai harus melakukan negosiasi dengan federasi sepak bola Argentina (AFA).

Menurut situs lavinotinto, FVF meminta kepada AFA agar melepas Pelatih Timnas Argentina U-23, Fernando Batista. Beruntung, AFA mengabulkan permintaan tersebut pada detik-detik terakhir.

 

3 dari 7 halaman

Siapa Batista

Yup, pada Selasa (24/5/2022), Fernando Batista terbang meninggalkan markas Timnas Argentina U-23. Kini, pelatih berusia 51 tahun tersebut sudah menangani Timnas Venezuela U-20 yang akan terjun ke Turnamen Toulon 2022.

Sosok Fernando Batista sempat mendapat atensi besar ketika memimpin Timnas Argentina berjuang di Olimpiade 2020 Tokyo. Saat itu, ia sempat mendapat kritikan karena tak mengikutsertakan beberapa pemain bintang yang direkomendasikan masyarakat sepak bola negeri Tango tersebut.

Ia tetap 'keukeuh' dengan para pemain yang menjadi pilihannya. Ironisnya, rasa khawatir publik Argentina menjadi kenyataan. Tim Tango tak bisa bersaing di Grup C, dan hanya finis di posisi ke-3.

 

4 dari 7 halaman

Sempat Gagal

Kegagalan tersebut menjadi catatan kelam perjalanan Fernando Batista dan Timnas Argentina U-23. Oleh karena itu, Batista sempat diisukan bakal ditendang manajemen AFA, namun ternyata tak menjadi kenyataan.

Sebelum menangani Timnas Argentina U-23, Fernando Batista sempat berkelana ke kawasan Eropa. Ia memimpin Timnas Armenia U-19, sebelum pulang membidangi Timnas Argentina U-20.

Seperti diketahui, tim pelatih Timnas Indonesia U-19 telah memilih 22 pemain. Duet pelatih Dzenan Radoncic dan Bima Sakti akan memimpin Garuda Muda agar bisa berprestasi maksimal di Turnamen Toulon.

 

5 dari 7 halaman

Kondisi Terkini

Sesi pelatihan nasional sudah selesai, dan Dzenan Radoncic mengaku puas dengan kualitas yang semakin bagus dari anak-anak Timnas Indonesia U-19. Menurutnya, level taktikal, passing, kerja sama, dan kekompakan tim sudah jauh lebih bagus.

"Kondisi sangat bagus, karena saat saya meminta press high, mereka melakukannya, ada ada yang bermain sepanjang laga. Walau saya memberikan kesempatan semua pemain untuk main. Kami bekerja dengan baik," tutur Radon.

Ia yakin, tim asuhannya sedang menuju ke arah yang sesuai. "Mereka tahu apa yang saya inginkan, saya tahu apa yang saya mau," tegasnya. Dzenan mengaku sudah tahu tipikal lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-19 di Toulon.

 

6 dari 7 halaman

Deskripsi Lawan

Menurutnya, deskripsi Meksiko, Ghana dan Venezuela di Grup C sudah sangat jelas. Tiga tim tersebut tergolong kuat, tim dengan pemain berpostur tinggi, pola permainan cepat dan teknik bagus.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan yakin dengan tim yang terus berproses. "Saya yakin mereka terus berkembang dan mengalami peningkatan permainan. Selamat bertanding di Toulon Cup, anak-anakku. Berikan yang terbaik untuk bangsa ini,” tegas Iwan Bule, panggilan Sang Ketum.

 

7 dari 7 halaman

Daftar Skuad

Berikut ini 22 Pemain Tim U-19 Indonesia Untuk Turnamen Toulon:

1. Arkhan Fikri

2. Ahmad Rusadi

3. Alfriyanto Nico Saputro

4. Cahya Supriadi

5. Dimas Juliono Pamungkas

6. Edgard Amping

7. Erlangga Setyo Dwi Saputra

8. Ferdiansyah Cecep Surya

9. Hokky Caraka Bintang Brilliant

10. Kadek Arel Priyatna

11. Kakang Rudianto

12. Marcell Januar Putra

13. Ricky Pratama

14. Ronaldo Joybera R Junior Kwateh

15. Muhammad Rafli Asrul

16. Mikael Alfredo Tata

17. Raka Cahyana Rizky

18. Razzaa Fachrezi Aziz

19. Frezy Al Hudaifi

20. Subhan Fajri

21. Syukran Arabia Samual

22. Muhammad Ferrari

Video Populer

Foto Populer