Sukses


Kembali Dipanggil Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly Mengaku Enjoy

Bola.com, Bandung - Timnas Indonesia sedang menjalani pemusatan latihan di Bandung, sekaligus agenda uji coba melawan Timnas Bangladesh, Rabu (1/6/2022). Pertandingan akan dimainkan di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 29 pemain untuk beruji coba dengan Bangladesh, termasuk Stefano Lilipaly. Untuk pertama kalinya sejak tahun 2020, ia kembali ke tim Merah-putih

Pemain naturalisasi kelahiran Belanda tersebut merasa senang sekaligus bangga bisa kembali menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

Fano sapaan akrabnya memang kembali terpanggil ke skuad Garuda setelah dua tahun tidak membela Timnas Indonesia.

"Ini penting buat saya juga, karena sekarang saya bisa menikmati latihan dan fokus laga ke depan bersama timnas, juga Piala Asia," ujar Lilipaly, Sabtu (28/5/2022) di Bandung.

2 dari 5 halaman

Pertama Bersama Shin Tae-yong

Lilipaly belum pernah bermain untuk Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong. Dia melewatkan sejumlah turnamen besar, mulai dari Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 hingga Piala AFF.

Kekalahan 1-3 Timnas Indonesia dari Vietnam pada 15 Oktober 2019 menjadi penampilan terakhir Lilipaly bersama Timnas Indonesia sebelum comeback.

Sebelum rezim Shin Tae-yong, Lilipaly selalu menjadi langganan Timnas Indonesia. Pemain naturalisasi kelahiran Belanda itu kerap diandalkan di masa Alfred Riedl, Luis Milla, hingga Simon McMenemy.

3 dari 5 halaman

Banyak Pemain Muda Bikin Antusias

Gelandang berusia 32 tahun yang kini memperkuat klub Borneo FC ini berharap bisa membawa timnas Indonesia menjadi yang terbaik saat lawan Bangladesh maupun diajang Piala Asia nanti.

"Kami fokus dulu untuk pertandingan lawan Bangladesh. Saya lihat banyak pemain muda, punya kualitas, dan potensi luar biasa. Harapan saya kami bisa dapat hasil terbaik untuk negara ini," cetus Lilipaly.

Bahkan, Lilipaly mengaku merasa enjoy menikmati latihan sejak awal di Kota Bandung bersama Timnas Indonesia.

"Ya sangat senang kembali bersama timnas, saya enjoy sama pemain, sama pelatih, saya juga enjoy," ucap Lilipaly.

4 dari 5 halaman

Wajah Baru

Tim asuhan Shin Tae-young ini sudah berada di Kota Bandung sejak Jumat (27/5/2022) untuk melakukan pemusatan latihan (TC) di Stadion Persib (Sidolig), Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung sekaligus persiapan lawan Bangladesh.

TC kali ini juga diikuti dua calon pemain naturalisasi, Jordi Amat dan Sandy Walsh. Mereka kali pertamanya bergabung ke Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Lihat Kondisi

Selain Jordi dan Sandy, pemain naturalisasi kelahiran Inggris, Elkan Baggoot juga sudah terlihat bergabung bersama Marc Klok dkk dalam sesi latihan di Stadion Persib.

"Mereka memang pemain yang sangat baik dalam kemampuan main bola, tetapi saat ini Jordi Amat baru istirahat hampir tiga pekan," jelas Shin Tae-young.

"Dan Sandy Walsh habis operasi dan masih dalam pemulihan, sehingga kondisinya saat ini belum 100%, tetapi saya senang mereka bisa gabung timnas," tambah Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer