Sukses


Muka Baru Rasa Lama di Timnas Indonesia, Trio Penyerang Siap Penuhi Ekspektasi Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan kembali bertanding pada laga uji coba bertajuk FIFA Matchday. Skuad Garuda bakal menjamu Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kab. Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB.

Dari 29 nama yang dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong, tak terlihat pola yang jelas dari pemanggilan ini. Pelatih asal Korea Selatan itu seperti ingin menjajal semua pemain yang tersedia.

Terlepas dari pemain andalan di Piala AFF 2020 dan SEA Games 2021 yang tetap dipertahankan, ada satu benang merah yang terlihat jelas. STY memberikan kesempatan kepada para pemain yang pernah memperkuat Timnas Indonesia.

Paling menarik perhatian tentu kehadiran penyerang Borneo FC, Stefano Lilipaly. Selepas penampilan jeblok bersama Simon McMenemy, ia belum lagi dipanggil sampai kesempatan datang di partai ini.

Selain pemain naturalisasi asal Belanda itu, ada dua pemain lain yang mendapatkan kesempatan 'kedua' dari STY. Akankah ketiganya sukses memenuhi ekspektasi pelatih berusia 51 tahun tersebut?

2 dari 6 halaman

Stefano Lilipaly

Kembali berseragam Merah Putih merupakan sebuah kejutan bagi Stefano Lilipaly. Melihat kebiasaan STY yang doyan memberikan kesempatan bagi pemain muda, pemanggilan ini tentu mengundang tanda tanya.

Sejak penampilan dahsyat di Asian Games 2018, penampilannya bersama Timnas Indonesia memang terlihat menurun. Namun, sumbangan enam gol dan enam assist untuk Bali United pada BRI Liga 1 2021/22 jelas tak bisa dipandang sebelah mata.

Sang pelatih akhirnya luluh dan coba memberikan kesempatan kedua bagi Lilipaly. Laga nanti bakal jadi ajang pembuktian kepantasan pemain berusia 32 tahun itu tetap berada di Timnas Indonesia.

3 dari 6 halaman

Dimas Drajad

Dimas Drajad jadi salah satu muka 'lama' rasa baru yang ikut dipanggil dalam kesempatan ini. Sepanjang kariernya, penggawa Persikabo 1973 ini belum pernah mendapat kesempatan tampil bersama Timnas Indonesia senior.

Dimas terakhir kali bertanding membela Merah Putih terjadi pada tahun 2019 lalu. Kala itu, ia masuk dalam bagian skuad juara Piala AFF U-22 setelah mengalahkan Thailand di partai puncak.

11 gol dan enam assist menjadikannya salah satu striker lokal paling ganas di BRI Liga 1 2021/22. Tentu akan sangat menarik bila ia mendapatkan caps pertama saat menghadapi Bangladesh pada tengah pekan depan.

4 dari 6 halaman

Muhammad Rafli

Salah satu striker lain yang mendapatkan kesempatan kedua adalah M. Rafli. Pemain asal Arema FC itu sebetulnya merupakan salah satu nama yang mendapat debut saat STY telah melatih Indonesia.

Hanya saja tiga penampilannya bersama Timnas Indonesia berujung tragis. Diturunkan sebagia pemain pengganti, pemain berusia 23 tahun itu tak bisa berbuat banyak saat Indonesia melakoni laga-laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun, lima gol dan tiga assist yang dibuatnya di level klub musim lalu sudah cukup untuk membuat STY kembali meliriknya. Tetapi ia harus menghadapi persaingan sengit untuk mendapatkan pos nomor sembilan.

5 dari 6 halaman

Timnas Indonesia Vs Bangladesh

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 29 nama untuk melawan Bangladesh. Namun, enam pemain masih absen dalam latihan perdana Skuad Garuda.

Timnas Indonesia terakhir kali menggelar uji coba internasional pada tanggal 27 dan 30 Januari 2022 di Bali. Saat itu pasukan Shin Tae-yong menang dengan skor 4-1 dan 3-0.

Duel melawan Bangladesh juga menjadi bagian dari persiapan Timnas Indonesia sebelum tampil di babak kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia kontra Bangladesh masuk dalam agenda resmi FIFA. Membuat sejumlah pemain utama bakal bergabung, termasuk Pratama Arhan.

Pratama Arhan segera kembali ke Timnas Indonesia. Dia dijadwalkan bergabung dengan tim berjuluk Skuad Garuda itu pada akhir Mei 2022.

Selain itu ada nama Ricky Kambuaya, Evan Dimas, Witan Sulaeman, Ernando Ari, dan Saddil Ramdani.

6 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan

FIFA Matchday

  • Timnas Indonesia Vs Bangladesh
  • Rabu, 1 Juni 2022
  • Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung
  • Kick-off 20.00 WIB
  • Live Indosiar

Video Populer

Foto Populer