Sukses


Liga 2: Mataram Utama Ganti Nama usai Promosi, Mau Pindah ke Mana Nih?

Bola.com, Yogyakarta - Kongres Tahunan PSSI 2022 sukses terselenggara di Bandung pada Senin (30/5/2022) lalu. Kongres itu diikuti 87 delegasi pemilik suara.

Selain pengesahan laporan tahun lalu dan program kerja setahun ke depan, PSSI juga mengesahkan penerimaan, pemberhentian dan perubahan keanggotaan.

Salah satunya perubahan nama klub Liga 2 Mataram Utama FC. Klub yang baru didirikan tahun lalu itu kini berubah nama menjadi Nusantara United FC.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi membacakan perubahan nama Mataram Utama menjadi Nusantara United dalam sidang tertutup di Ballroom Trans Luxury Hotel, Bandung.

Ketua Umum PSSI, Mohammad Iriawan mengetok palu pengesahan yang juga dibarengkan dengan perubahan nama beberapa klub lain di Indonesia.

2 dari 5 halaman

Alasan Perubahan Nama

Direktur Utama PT Mataram Utama Perkasa, Janu Riyanto mengonfirmasi hal itu. Alasan perubahan nama itu dilakukan setelah adanya pertimbangan matang dari investor.

“Hari ini Kongres PSSI mengesahkan perubahan nama itu, Mataram Utama menjadi Nusantara United untuk mengarungi kompetisi Liga 2. Hal ini diputuskan karena pertimbangan matang dari investor dan pemegang saham Mataram Utama Perkasa,” ungkap Janu Riyanto.

3 dari 5 halaman

Pindah dari Yogyakarta?

Terkait d imana Nusantara United akan berhome base, Janu belum bisa memberikan keterangan karena masih belum adanya pertemuan lanjutan untuk membahas detail antara investor dan para pemegang saham.

Nantinya investor yang berkolaborasi dengan nama Nusantara United, akan menyampaikan lebih detail, termasuk membuka siapa di balik investasi ini.

“Untuk dimana berkandang nanti, saat ini belum ditentukan, masih digodok lebih jauh, begitu pula dengan tim teknis. Saat ini kami masih berkoordinasi lebih jauh dengan investor,” sambung Janu.

4 dari 5 halaman

Pembinaan Usia Muda

Mataram Utama menurut Janu tetap akan berfokus pada pembinaan usia muda di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pembinaan kelompok usia akan terus dijalankan dengan semaksimal mungkin di bawah direktur teknik Erwan Hendarwanto.

“Kami tetap fokus untuk melakukan pembinaan usia muda di DIY, dan terus berjalan sampai saat ini juga ke depan. Untuk liga 2, kami percayakan sepenuhnya pada investor untuk menjalankan,” pungkas Janu.

5 dari 5 halaman

Menuju ke Jateng?

Rumor berkembang jika perubahan nama itu juga dibarengi dengan perpindahan home base dari Yogyakarta ke Boyolali. Nusantara United FC dikabarkan juga sudah diakuisisi pemilik klub basket papan atas Tanah Air.

Ketua Asprov PSSI Jawa Tengah, Yoyok Sukawi tak menampik sudah mendengar isu tersebut. Namun, menurut dia, perpindahan klub Liga 2 ada di ranah PSSI pusat.

"Namun untuk Liga 2, perpindahan home base sudah menjadi ranah PSSI pusat dan PT LIB saat pendaftaran kompetisi," kata Yoyok, Selasa (31/5/2022).

Yoyok menjelaskan, pihaknya hanya konsen dengan Liga 3 maupun Liga Soeratin untuk pendaftaran klub baru.

Video Populer

Foto Populer