Sukses


Polemik Tempat Pemusatan Latihan Timnas Indonesia: Bukan Masalah Sederhana

Bola.com, Malang - Pemusatan latihan Timnas Indonesia baru-baru ini menjadi sorotan. Tim besutan Shin Tae-yong itu sempat batal latihan karena kesalahan komunikasi perihal tempat latihan. Ketika itu, Timnas Indonesia hendak berlatih di Stadion Madya, Senayan, Kamis (26/5/2022), kemudian lapangan tidak bisa digunakan.

Sempat beredar kabar jika PSSI atau ofisial Timnas Indonesia lalai booking tempat latihan. Namun, ternyata ada salah komunikasi karena Timnas Indonesia mengubah jam latihan.

Terkait hal tersebut, netizen di media sosial membanjiri komentar di media sosial Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dengan harapan Timnas Indonesia memiliki training camp sendiri.

Namun, mengapa Timnas Indonesia sampai saat ini kesulitan untuk bisa memiliki tempat pemusatan latihan sendiri?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bukan Persoalan Mudah

Mantan pemain Timnas Indonesia yang kini menjadi asisten pelatih Arema FC, Kuncoro, melihat jika ini bukan persoalan ini bukan hal yang sederhana.

"Dulu, ketika saya sempat dipanggil pemusatan latihan Timnas Indonesia, belum ada pengalaman batal latihan karena lapangan. Kalau memiliki training camp sendiri, memang bakal lebih bagus," ujarnya.

Namun, seandainya memiliki training camp sendiri, bukan berarti persoalan bakal langsung selesai. Indonesia dikenal dengan fanatisme suporter yang sangat besar. Terkadang, Timnas Indonesia harus bermain di luar Jakarta untuk memuaskan suporter dari daerah lain.

"Kalau bikin pemusatan latihan di Jakarta, lalu ada rencana main di tempat lain, susah juga. Biasanya pemusatan latihannya dilakukan di dekat venue pertandingan," sambungnya.

Berbeda dengan negara lain. Biasanya tim nasional dari negara yang wilayahnya tidak seluas Indonesia bisa menjalani pemusatan latihan hanya di satu tempat. Jika wilayahnya seperti itu, dan punya training camp sendiri, Kuncoro menganggap tidak ada persoalan lagi.

3 dari 5 halaman

Bekerja Sama dengan Pihak Lain

Kuncoro melihat kerja sama dengan pihak yang memiliki fasilitas olahraga bisa menjadi solusi. Contohnya adalah berlatih di Sawangan atau di tempat lain yang dimiliki oleh pengusaha gila bola.

"Mungkin bisa dicoba kerja sama dengan pihak yang memiliki fasilitas. Mungkin para pengusaha gila bola. Tapi, harus dikomunikasikan juga dengan pelatihnya mengenai standar tempatnya," ujar Kuncoro.

Pada era 1990-an, Kuncoro mengaku sering menjalani pemusatan latihan di Sawangan. Sampai saat ini, kompeks olahraga milik Bakrie Group itu masih ada.

Sekarang, Timnas Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan di kampus UPI, Bandung. Ada fasilitas yang menunjang untuk Timnas Indonesia di sana yang kebetulan Tim Garuda bakal menghadapi Bangladesh di Bandung.

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

FIFA Matchday

1 Juni 2022

Timnas Indonesia vs Bangladesh

Kualifikasi Piala Asia 2023

4 Juni 2022

Kuwait vs Timnas Indonesia

8 Juni 2022

Timnas Indonesia vs Yordania

11 Juni 2022

Timnas Indonesia vs Nepal

5 dari 5 halaman

Live Streaming Timnas Indonesia vs Bangladesh

Pertandingan antara Timnas Indonesia kontra Bangladesh tak hanya bisa disaksikan secara langsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung. Tapi, juga bisa disaksikan melalui layar kaca Indosiar dan live streaming di Vidio.

Link Live Streaming: https://www.vidio.com/live/205-indosiar?schedule_id=1878118

Video Populer

Foto Populer