Sukses


Pratama Arhan Ungkap Penyebab Belum Juga Debut di Tokyo Verdy

Bola.com, Bandung - Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan, akhirnya buka suara mengenai penyebab dirinya belum juga debut di Tokyo Verdy. Arhan mengaku kondisinya saat ini belum sepenuhnya pulih dari cedera.

Pratama Arhan bergabung dengan Tokyo Verdy pada Maret 2022. Namun, setelah dua bulan sang pemain juga belum mendapatkan kesempatan debut bersama klub Jepang tersebut.

"Memang ada cedera pada waktu uji coba, engkel. Saya sudah istirahat di sana selama empat hari, kemudian pemulihan, dan lain-lain," kata Pratama Arhan.

Selain cedera, proses adaptasi yang menghambat Pratama Arhan di Jepang adalah cuaca. Adapun untuk makanan, pemain berusia 20 tahun itu mengaku tak masalah.

"Kendala pada waktu datang pertama kali adalah waktu adaptasi cuaca di sana. Kalau soal makanan sih cocok-cocok saja di sana dan tak ada kendala," tegas Pratama Arhan.

2 dari 5 halaman

Nyaman di Tokyo Verdy

Pratama Arhan mengaku nyaman berada di Tokyo Verdy meskipun belum mendapatkan kesempatan bermain. Menurut Pratama Arhan, klub Jepang itu punya fasilitas latihan yang lengkap.

Kelebihan inilah yang ingin dimanfaatkan Arhan untuk bisa mengembangkan diri. Arhan juga tak masalah dengan metode latihan yang diterapkan pelatih Takafumi Hori.

"Kalau metode latihannya bagus. Intensitas tinggi juga, lapangan bagus, sehingga kami latihan jadi nyaman. Jadi, saya bisa berkembang lebih baik lagi," ucap Arhan.

3 dari 5 halaman

Minta Kesabaran

Pratama Arhan meminta doa dan dukungan suporter agar segera bisa melakoni debut dengan Tokyo Verdy. Arhan berharap, para suporter bisa sabar dan memakluminya.

"Untuk para suporter, mohon bersabar karena saya butuh penyesuaian. Saya juga habis cedera, jadi mohon support dan doa supaya saya bisa menjadi lebih baik lagi," ucap Pratama Arhan.

Mantan pemain PSIS Semarang itu memang sempat diprediksi bakal debut pada 4 Mei 2022 saat Tokyo Verdy menjamu Vegalta Sendai di Ajinomoto Stadium. Namun, prediksi tersebut meleset dan sempat membuat kekecewaan suporter yang sudah datang memenuhi undangan dari klub tersebut.

4 dari 5 halaman

Siap Tempur

Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan, menatap percaya diri duel FIFA Matchday melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022). Arhan menegaskan, kondisinya dalam keadaan siap tempur.

"Rasanya tentu saja senang bisa bergabung dengan teman-teman lain di timnas. Pastinya, kami optimistis untuk Kualifikasi Piala Asia nanti," kata Pratama Arhan di YouTube PSSI.

Pratama Arhan mengaku, kondisinya sudah bugar 100 persen. Arhan memang sempat mengalami cedera sewaktu berada di Jepang bersama Tokyo Verdy.

"Kondisi saya kemarin sempat cedera. Akan tetapi, sekarang sudah membaik lagi. Ketemu Bangladesh harapannya bisa meraih kemenangan," tegas pemain pemilik 16 caps untuk Timnas Indonesia itu.

5 dari 5 halaman

Kekuatan Penuh

Pratama Arhan memang menjadi pemain langganan di posisi bek kiri Timnas Indonesia. Meski demikian, Arhan tetap harus bersaing untuk bisa kembali mendapatkan kepercayaan dari pelatih Shin Tae-yong.

Arhan akan bersaing dengan Edo Febriansyah yang juga bermain di posisi tersebut. Kemudian ada Alfeandra Dewangga yang pada SEA Games 2021 lalu bermain sebagai bek kiri.

Bisa dikatakan komposisi pemain yang disiapkan untuk laga melawan Bangladesh dihuni para pemain berkualitas. Menarik untuk menyaksikan persaingan di posisi bek kiri tersebut.

Video Populer

Foto Populer