Sukses


Timnas Indonesia Vs Bangladesh, Edisi Perdana Skuad Era Shin Tae-yong di Kandang Sendiri dengan Ditonton Ribuan Suporter

Bola.com, Bandung - Timnas Indonesia bertanding melawan Bangladesh dalam FIFA Matchday di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB.

Saat berita ini ditayangkan, kedudukan masih imbang tanpa gol alias 0-0 hingga babak pertama selesai. Timnas Indonesia tampil dominan dengan memiliki penguasan bola maupun peluang yang lebih banyak.

Menariknya adalah pertandingan ini menjadi momen pertama bagi Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia dan disaksikan oleh ribuan suporter sendiri. Sebelumnya ia belum pernah menjalani situasi seperti ini.

Sebab, pandemi COVID-19 yang merebak pada awal tahun 2020, membuatnya harus membiasakan memimpin pertandingan Timnas Indonesia tanpa suporter.

2 dari 4 halaman

Karena Pandemi COVID-19

Pelatih asal Korea Selatan itu membesut Timnas Indonesia pada awal tahun 2020. Hanya berselang dua bulan, pandemi COVID-19 merebak dan membuat aktivitas sepak bola ikut lumpuh.

Shin Tae-yong tetap bekerja memimpin skuad Merah-putih di berbagai ajang, namun laga dimainkan di luar negeri. Seperti Kualifikasi Piala Dunia, Piala AFF, hingga SEA Games 2021 yang baru saja dimainkan di Vietnam.

Pada Januari 2020 lalu sebenarnya ia punya kesempatan memimpin Timnas Indonesia beruji coba di rumah sendiri. Tepatnya di Gianyar, Bali saat menjamu Timor Leste dalam dua kali uji coba.

Namun lagi-lagi saat itu COVID-19 belum mereda dan membuat pertandingan tetap tidak dapat digelar dengan suporter.

3 dari 4 halaman

Ribuan Suporter Datang

Pantauan Bola.com, suporter hanya mengisi tribun barat dan timur. Hal ini tak lepas dari adanya pembatasan penjualan tiket. Panitia penyelenggara hanya menjual tiket secara online sebanyak 9.000.

Seorang suporter Timnas asal Bandung, Ida Widianingsih mengaku senang bisa kembali merasakan atmosfer pertandingan di stadion setelah vakum karena pandemi COVID-19.

"Saya itu bobotoh setiap Persib main selalu dikejar, sekarang ada Timnas di Bandung saya senang. Dua tahun saya gak kemana-mana, tapi setelah ada rilis Timnas bisa ada penonton saya langsung beli online,"ujar Ida.

Ida melihat antusias suporter Timnas di Stadion Si Jalak Harupat luar biasa. Dia berharap kondisi ini memberikan dampak positif terhadap permainan Timnas di lapangan.

"Saya lihat antusias juga luar biasa. Saya kira kita semakin percaya bahwa sepakbola Indonesia ke depan akan lebih baik lagi,"katanya.

"Saya juga berharap penonton lebih dewasa, tertib dan menghindari hal-hal yang berlebihan. Bagi saya sepakbola ini hiburan rakyat dan senang bisa nonton di stadion,"tambah Ida yang mengidolakan Egy Maulana Vikri.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan; Marc Klok, Rachmat Irianto, Stefano Lilipaly; Saddil Ramdani, Irfan Jaya, Muhammad Rafli

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Bangladesh (4-4-2): Anisur Rahman; Bishwanath Ghosh, Rimon Hossain, Tutul Hosain, Yeasin Arafat; Biplo Ahamad, Jamal Bhuyan, Mohammad Atiqur, Rakib Hossain; Mohammad Ibrahim, Sazzad Hossen

Pelatih: Javier Cabrera (Spanyol)

Video Populer

Foto Populer