Sukses


Serba Pertama di Timnas Indonesia: Marc Klok Debut dan Jadi Kapten, Aksi Perdana Lilipaly di Rezim Shin Tae-yong

Bola.com, Bandung - Serba pertama terjadi pada laga uji coba Timnas Indonesia melawan Bangladesh. Untuk pertama kalinya sejak pandemi COVID-19, tim berjulukan Skuad Garuda itu bermain di Tanah Air dengan dukungan suporter.

Timnas Indonesia hanya mampu bermain imbang 0-0 menghadapi Bangladesh pada FIFA Matchday di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB.

Selain itu, partai latih tanding Timnas Indonesia kontra Bangladesh juga begitu spesial bagi Marc Klok. Gelandang naturalisasi itu menjalani debut resminya bersama Skuad Garuda.

2 dari 4 halaman

Kapten di Partai Debut

Pada penampilan perdananya, Marc Klok bahkan menjadi kapten Timnas Indonesia pada babak kedua setelah Fachruddin Aryanto dan Asnawi Mangkualam ditarik keluar ketika jeda turun minum.

Marc Klok sebelumnya sempat membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Namun, pesta olahraga terakbar di Asia Tenggara (ASEAN) itu tidak masuk cap timnas senior karena bukan kalender FIFA.

"Marc Klok, saya jadikan dia wakil kapten menggantikan Fachruddin. Dia saya ganti karena sudah main sejak SEA Games 2021," ujar Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Comeback Stefano Lilipaly

Uji coba kontra Bangladesh juga menjadi comeback Stefano Lilipaly ke Timnas Indonesia. Untuk pertama kalinya sejak 2019, pemain naturalisasi itu kembali berlaga untuk Skuad Garuda.

Terakhir kali Lilipaly berseragam Timnas Indonesia ialah pada 15 Oktober 2019 ketika kalah 1-3 dari Vietnam pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun, penampilan Lilipaly melawan Bangladesh dianggap tidak memuaskan. Gelandang Borneo FC itu dinilai tidak dapat menjadi pembeda di lini depan Skuad Garuda.

4 dari 4 halaman

Komentar Shin Tae-yong

Lilipaly sebenarnya sempat membobol gawang Bangladesh pada menit ke-73. Namun, dianulir wasit karena Dimas Dimas sebagai pemberi umpan telah lebih dulu berada dalam posisi offside.

"Dimas dan Lilipaly, sebagai pemain di lini depan, mereka seharusnya bisa membuat peluang," ujar Shin Tae-yong dinukil dari Antara.

"Akan tetapi, mereka tidak melakukan itu. Sampai sekarang, mereka belum memenuhi ekpsektasi saya," imbuh Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer