Sukses


Shin Tae-yong Ungkap Alasan Jadikan Marc Klok Kapten Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Bola.com, Bandung - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membuat kejutan saat menjadikan Marc Klok sebagai kapten pada laga FIFA Matchday melawan Bangladesh, Rabu (1/6/2022). STY ternyata punya alasan khusus dengan keputusan tersebut.

Marc Klok menjabat sebagai kapten Timnas Indonesia pada babak kedua melawan Bangladesh di FIFA Matchday. Pemain naturalisasi itu mengambil alih ban kapten dari Fachruddin Aryanto yang ditarik keluar pada awal babak kedua.

"Untuk Marc Klok, saya menjadikannya wakil kapten menggantikan Fachruddin Aryanto. Fachruddin saya ganti karena dia sudah banyak bermain sejak SEA Games 2021," kata Shin Tae-yong.

"Fachruddin kelelahan karena selalu main penuh. Saya gantikan dia dengan Elkan Baggott untuk meningkatkan performa Elkan yang baru bergabung. Sehingga bermain pada babak kedua," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

Sejatinya, ban kapten harus dialihkan ke Asnawi Mangkualam yang menjadi wakil Fachruddin Aryanto di Timnas Indonsia. Namun, Asnawi juga tak berada di lapangan karena ditarik keluar pada babak pertama.

2 dari 5 halaman

STY Murka

Pelatih Shin Tae-yong juga tak puas dengan hasil imbang 0-0 yang diraih Timnas Indonesia. Dia menegaskan seharusnya Tim Garuda bisa mencetak lebih dari tiga gol.

"Memang pertandingan itu berstatus persahabatan. Akan tetapi, laga tersebut tetap saja uji coba sebelum Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait," kata Shin Tae-yong.

"Seharusnya kami bisa menang dengan selisih tiga atau empat gol untuk membahagiakan suporter," tegas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

3 dari 5 halaman

Kecewa dengan Lilipaly dan Dimas Drajad

Performa Stefano Lilipaly dan Dimas Drajad mendapatkan kritikan dari Shin Tae-yong. Keduanya seharusnya bisa mencetak gol karena menjadi andalan di lini depan.

"Dimas dan Lilipaly, sebagai pemain di lini depan, mereka seharusnya bisa membuat peluang. Akan tetapi, mereka tidak melakukan itu. Sampai sekarang, mereka belum memenuhi ekpsektasi saya," ucap Shin Tae-yong.

Lilipaly sebenarnya sempat membobol gawang Bangladesh pada menit ke-73. Namun, dianulir wasit karena Dimas sebagai pemberi umpan telah lebih dulu berada dalam posisi offside.

4 dari 5 halaman

Tampil Dominan

Kekecewaan Shin Tae-yong pada Timnas Indonesia cukup beralasan. Sepanjang pertandingan, skuad Garuda mampu tampil dominan.

Berdasarkan catatan Lapang Bola, Timnas Indonesia mampu membukukan penguasaan bola hingga 71 persen dan 13 total tendangan, yang empat di antaranya mengarah ke gawang lawan.

Sayangnya, tak ada gol yang mampu dicetak. Hal ini tentu saja wajib menjadi bahan evaluasi dari Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

  • 8/6/2022 - Kuwait Vs Timnas Indonesia
  • 11/8/2022 - Timnas Indonesia Vs Yordania
  • 14/6/2022 - Timnas Indonesia Vs Nepal

Video Populer

Foto Populer