Sukses


Jelang Kualifikasi Piala Asia 2023, Siapa yang Pantas Dampingi Marc Klok di Lini Tengah Timnas Indonesia?

Bola.com, Jakarta - Debut Marc Klok di pentas internasional tak berlangsung manis. Pemain Persib Bandung itu hanya mampu membawa Timnas Indonesia bermain imbang tanpa gol dengan Bangladesh pada partai ujicoba yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kab. Bandung, Rabu (1/6/2022) malam.

Meski begitu, penampilan pemain naturalisasi asal Belanda itu tetap mengundang decak kagum. Dimainkan bersama Rachmat Irianto sebagai double pivot di lapangan tengah, ia mampu tampil sebagai dirigen permainan Timnas Indonesia.

Klok begitu dominan di pertandingan tersebut. Setiap serangan yang dibangun Skuad Garuda wajib melewati kakinya sebelum diolah pemain yang berada di lini serang.

Walau begitu, pemain berusia 29 tahun itu terlihat kesulitan menembuskan bola ke ruang antar lini. Skema 4-4-1-1 yang diusung pelatih Shin Tae-yong justru membuat jarak antara lini tengah dan depan.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut tentu harus mengevaluasi hal ini. Pakem 4-3-3 yang sudah terbiasa dimainkan banyak pemain Timnas Indonesia mungkin jadi solusi sepanjang gelaran kualifikasi Piala Asia 2023.

Jika formasi tiga gelandang itu kembali diterapkan, lantas siapa yang pantas mendampingi Klok di lapangan tengah? Bola.com memilih dua nama yang paling pas menemaninya di ruang mesin permainan. Apa kalian setuju dengan pilihan kami?

2 dari 5 halaman

Evan Dimas

Walaupun mencuri perhatian dengan mengatur ritme permainan, Klok bukanlah tipe gelandang yang akan tiba-tiba muncul di kotak penalti. Di kompetisi tanah air, perannya lebih sebagai pemain nomor 8 alias gelandang jangkar.

Dalam skuad yang dipanggil STY, terdapat sejumlah nama yang mampu mengisi peran sebagai gelandang box-to-box. Evan Dimas Darmono sudah pasti menjadi nama terkuat untuk mengisi pos tersebut.

Visi bermain penggawa Arema FC masih jadi salah satu yang terbaik di Indonesia saat ini. Jika bukan karena cedera atau akumulasi kartu, niscaya Evan bakal mengisi satu tempat di lini tengah.

3 dari 5 halaman

Ricky Kambuaya

Untuk menyempurnakan skema tiga gelandang, dibutuhkan seorang pemain nomor 10 yang handal. Tak hanya memberikan umpan terakhir kepada para penyerang, ia juga diharapkan mampu memecah kebuntuan lewat aksinya.

Ricky Kambuaya jadi satu nama yang pantas memainkan peran sebagai penyerang lubang. Pemain anyar Persib Bandung itu memenuhi semua syarat untuk bermain bersama dua koleganya tersebut.

Namun, STY juga harus melihat kondisi terakhirnya setelah SEA Games 2021. Penampilannya terbilang menurun bila dibandingkan dengan Piala AFF 2020 lalu.

4 dari 5 halaman

Pembagian Grup Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

  • Grup A: Yordania, Kuwait, Timnas Indonesia, Nepal
  • Grup B: Palestina, Filipina, Yaman, Mongolia
  • Grup C: Uzbekistan, Thailand, Maladewa, Sri Lanka
  • Grup D: India, Hong Kong, Afghanistan, Kamboja
  • Grup E: Bahrain, Turkmenistan, Malaysia, Bangladesh
  • Grup F: Kirgistan, Tajikistan, Myanmar, Singapura

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

  • 8 Juni 2022 - Kuwait Vs Timnas Indonesia
  • 11 Juni 2022 - Timnas Indonesia Vs Yordania
  • 14 Juni 2022 - Timnas Indonesia Vs Nepal

Video Populer

Foto Populer