Sukses


Liga Jepang Matangkan Permainan Pratama Arhan

Bola.com, Jakarta - Pratama Arhan menampilkan satu di antara performa terbaiknya saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Bangladesh dalam partai uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kab. Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB.

Bermain sejak menit pertama, penampilan Arhan mampu mengundang decak kagum. Kebebasan merengsek di sisi kiri permainan membuat pemain Tokyo Verdy itu kerap naik jauh untuk membantu serangan timnya.

Kombinasi Pratama Arhan dengan Irfan Jaya di sayap kiri juga berjalan rapi. Mereka seperti sudah lama bermain bersama sehingga dapat mengerti pergerakan satu sama lain, baik saat bertahan maupun menyerang.

Tetapi sayangnya, kondisi fisik pemian asal Blora tersebut belum berada di titik maksimal. Setelah satu jam permainan, pelatih Shin Tae-yong memutuskan menariknya untuk memberikan tambahan waktu istirahat.

Tugas besar sudah menanti Pratama Arhan pada putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia bakal menghadapi tuan rumah Kuwait pada laga perdana di Stadion Jaber Al-Ahmad International, Rabu (8/6/2022) malam WIB.

 

 

2 dari 5 halaman

Penampilan Semakin Matang

Bermain di Liga Jepang sepertinya memengaruhi cara bermain Arhan. Dalam pertandingan kemarin, ia bermain jauh lebih dewasa ketimbang sebelumnya.

Pemain yang baru berusia 20 tahun itu tampil sangat efektif. Ketimbang sibuk mengeluarkan skill yang tidak perlu, ia memilih mengalirkan bola dengan satu sentuhan agar tak memperlambat tempo permainan.

Pemahamannya terhadap taktik pun terlihat meningkat. Arhan jadi lebih memahami timing yang pas untuk naik membantu serangan dan kapan harus tetap stay di posisinya.

 

3 dari 5 halaman

3 Bulan Tanpa Laga Kompetitif

Banyak yang tak menyadari bila Arhan sudah tak bermain secara kompetitif sejak tiga bulan yang lalu. Ia terakhir kali bertanding pada laga resmi saat masih memperkuat mantan timnya, PSIS Semarang, menghadapi Borneo FC, (24/2/2022).

Ia pun 'terpaksa' melewatkan perhelatan SEA Games 2021. Event dua tahunan itu tak termasuk agenda FIFA, sehingga Tokyo Verdy tak berkewajiban melepasnya ke Timnas Indonesia.

Walau begitu, Arhan sepertinya tak mengendurkan otot-ototnya selama berada di Jepang. Ini terbukti dari penampilan perdananya dalam tiga bulan terakhir yang terhitung luar biasa.

4 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Adisatryo, Syahrul Trisna

Bek: Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Koko Ari, Edo Febriansah, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Fachruddin Aryanto

Gelandang: Stefano Lilipaly, Terens Puhiri, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Marc Klok, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani

Penyerang: Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Irfan Jaya

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

8 Juni 2022

  • Kuwait Vs Timnas Indonesia

11 Juni 2022

  • Timnas Indonesia Vs Yordania

14 Juni 2022

  • Timnas Indonesia Vs Nepal 

Video Populer

Foto Populer