Sukses


Peran Ronaldo Kwateh dan Hokky Caraka di Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2022: Harus Bisa Lebih Menonjol

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 berpotensi memetik sejarah di Toulon Cup, sebuah turnamen level junior di Prancis. Pada edisi 2022 ini mereka bergabung di Grup B yang juga berisikan Venezuela, Meksiko, dan Ghana.

Ini merupakan keikutsertaan kedua Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup. Sebelumnya, Indonesia pernah turut dalam turnamen tersebut pada edisi 2017 lalu di bawah arahan Indra Sjafri.

Tim tersebut kemudian melahirkan pemain macam Egy Maulana Vikri, Rachmat Irianto, hingga Witan Sulaeman.

Sayang, saat itu Timnas Indonesia U-19 babak belur di Grup C karena selalu menelan kekalahan. Mereka mengakhiri petualangan Toulon Cup 2017 dengan menduduki posisi juru kunci setelah tumbang dari Brasil, Republik Ceko, dan Skotlandia.

2 dari 5 halaman

Asa untuk Hasil Lebih Baik di Toulon Cup 2022

Kali ini, edisi 2022 sedikit memberikan asa. Para pemain muda yang tergabung dalam Timnas Indonesia U-19 wajib menunjukkan performa terbaiknya di bawah arahan pelatih Dzenan Radoncic. Apalagi, ini kesempatan mereka unjuk gigi di level internasional.

Sosok Ronaldo Kwateh dan Hokky Caraka yang paling mencuri perhatian di skuat Timnas Indonesia U-19. Sebab, keduanya disebut sebagai wonderkid yang akan jadi tulang punggung skuat Garuda di masa depan.

3 dari 5 halaman

Rekor Ronaldo Kwateh

Ronaldo misalnya, pernah membukukan rekor sebagai pemain termuda yang pernah membela Timnas Indonesia. Laga debutnya didapat ketika membela Tim Garuda menghadapi Timor Leste pada 27 Januari 2022, di mana saat itu usianya baru 17 tahun 98 hari.

Nama satu ini masih terus mencuri perhatian sejak 2021 lalu. Sebab, winger milik Madura United masih berusia 17 tahun dan sudah menjadi andalan klubnya di BRI Liga 1 2021/2022 lalu.

Terakhir, Ronaldo mencetak sebiji gol ke untuk Timnas Indonesia U-23 ke gawang Malaysia dalam SEA Games 2021. Duel perebutan tempat ketiga itu berakhir dimenangkan dan timnya meraih medali perunggu.

4 dari 5 halaman

Bomber Jebolan Garuda Select

Sedangkan Hokky sebenarnya memiliki jalan cerita yang sedikit berbeda. Dia juga menjalani musim debut profesional bersama PSS Sleman di BRI Liga 1 2021/2022. Hanya saja, belum ada kontribusi yang kentara.

Namanya muncul ketika bergabung dengan PSS Sleman U-16 untuk berkompetisi di ajang Elite Pro Academy (EPA) U-16. Pemain yang juga sudah promosi ke tim utama PSS Sleman ini bakatnya kian terasah ketika berhasil lolos seleksi program Garuda Select di Inggris.

Pasalnya, Hokky Caraka tercatat dua kali berlatih bersama Program Garuda Select. Dia menjadi pencetak gol terbanyak program Garuda Select jilid keempat. Selama semusim, ia sukses menjaringkan total 14 gol.

 

5 dari 5 halaman

Belum Memperlihatkan Kontribusi

Sayang, dua pemain ini belum mampu menunjukkan performa yang apik untuk Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2022. Tak ada gol yang mereka cetak setelah melakoni dua pertandingan.

Timnas Indonesia U-19 sempat kalah 0-1 dari Venezuela (30/5/2022). Tapi, mereka kemudian bangkit menundukkan Ghana dengan skor 1-0 (2/6/2022). Gol tunggal ini disumbang oleh Raka Cahyana.

Nah, hasil apik itu membuat Timnas Indonesia U-19 berpotensi lolos ke semifinal. Syaratnya tentu saja dengan mengalahkan Meksiko di laga terakhir Grup B (5/6/2022). Ronaldo dan Hokky pun wajib tampil habis-habisan demi mengemas tiga poin.

Video Populer

Foto Populer