Sukses


PSIS Tertarik Pulangkan Ernando Ari Sutaryadi, Pelatih Persebaya Angkat Bicara

Bola.com, Jakarta - PSIS Semarang membuat ramai jagat transfer pemain Liga 1. Klub berjulukan Laskar Mahesa Jenar itu disebut tertarik untuk merekrut Ernando Ari Sutaryadi, kiper milik Persebaya.

Kiper berusia 20 tahun itu masih memiliki kontrak bersama Bajul Ijo. Namun, PSIS disebut siap menebusnya alias menggelontorkan uang transfer. Hal ini tentu dilandasi oleh kualitas Ernando Ari Sutaryadi ditambah statusnya sebagai putra asli Semarang.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, pun angkat bicara mengenai kabar yang beredar ini. Arsitek berusia 52 tahun itu menyebutkan bahwa tidak ada negosiasi antara pihak PSIS dan Persebaya terkait transfer pemain.

"Setahu saya belum ada pembicaraan dari kedua pihak (PSIS dan Persebaya). Itu pernyataan sepihak saja dari PSIS. Pembicaraan antara manajer juga tidak ada. Tapi, yang jelas Ernando ini masih pemain Persebaya,” ungkap Aji Santoso.

"Ernando ini pemain penting di Persebaya. Tapi, kami sendiri juga punya banyak kiper. Saya tidak tahu manajemen klub keputusannya seperti apa. Kalau saya dihubungi (PSIS), saya juga tidak bisa mengambil keputusan sendiri,” imbuhnya.

"Sebaiknya tidak usah berandai. Kalau memang PSIS tertarik, harusnya ada penawaran dari mereka kepada Persebaya. Kalau cuma sebatas rumor, sebaiknya tidak usah dibahas,” tutur pelatih asli Malang tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Ernando Pernah Ingin Bela PSIS

Keputusan PSIS untuk memulangkan Ernando terbilang unik. Pasalnya, klub asal Kota Lumpia itu sebenarnya berkesempatan merekrutnya pada 2019 silam secara gratis. Itu terjadi setelah Ernando membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2018.

Persebaya lantas merekrutnya pada awal 2019 untuk bergabung dengan tim U-20. Sebagai pemain kelahiran Semarang, dia awalnya ingin bergabung dengan PSIS Semarang U-16 untuk tampil di Elite Pro Academy U-20 2019.

Sayangnya, kuota pemain di klub tersebut sudah penuh sehingga membuat Ernando gagal bergabung.

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Faktor Ketidaksengajaan Gabung Persebaya

Proses bergabungnya Ernando Ari Sutaryadi ke Persebaya diwarnai oleh faktor ketidaksengajaan.

"Pertama waktu saya sebelum ke sini (Persebaya), saya bicara ke manajer (PSIS U-16) sehari sebelum pendaftaran Elite Pro Academy Liga 1 U-16 itu. Saya bilang ke manajer,” kata Ernando saat ditanya Bola.com, 7 Januari 2019. 

"Kuota sana itu sudah penuh punya 30 pemain. Dan mereka ternyata tidak mau mengurangi kuota. Terus saya dengar bahwa Persebaya masih punya kuota pemain. Saya tidak pikir lama mau gabung ke klub ini,” imbuhnya.

 

 

4 dari 5 halaman

Rekam Jejak Karier Ernando

Dari sinilah, catatan sejarah kembali terukir. Ernando bergabung ke skuat Persebaya U-20. Dia pun berhasil menyumbang gelar dengan meraih juara Elite Pro Academy U-20 2019 di bawah arahan pelatih Uston Nawawi.

Mulai 2020, Ernando dipromosikan ke tim senior Persebaya. Tapi, tantangannya tidak mudah karena ada dua kiper berpengalaman lainnya. Mereka adalah Rivky Mokodompit dan Angga Saputro.

Liga 1 2020 tidak berjalan mulus dan Ernando belum sempat membukukan penampilan akibat pandemi. Seluruh kompetisi sepak bola terpaksa mandeg dan baru mulai lagi pada pertengahan 2021.

Jelang Liga 1 2021/2022, Persebaya mendatangkan kiper yang lebih senior juga, yakni Satria Tama. Dari kondisi ini saja sudah terlihat bahwa Ernando harus bersaing.

Maklum saja, Satria Tama adalah eks Timnas Indonesia U-23 yang meraih medali perunggu SEA Games 2017. Dia juga kiper utama Timnas Indonesia U-23 saat menjuarai Piala AFF U-23 2019 di Kamboja.

 

 

 

 

5 dari 5 halaman

Bawa Timnas Indonesia Sabet Perunggu

Nasib mujur mendatangi Ernando. Satria Tama mengalami cedera dan harus absen sepanjang musim 2021/2022. Alhasil, Ernando naik “jabatan” sebagai kiper utama. Ada Andhika Ramadhani, rekannya di Persebaya U-20, yang jadi pelapis.

Performanya di Liga 1 2021/2022 benar-benar mengesankan. Ernando  membukukan 19 penampilan dengan sembilan di antaranya clean sheet. Dia juga hanya kebobolan 16 gol saja.

Sebagai penjaga gawang top tanah air, Ernando terpaksa tak bisa selalu berada di bawah mistar gawang Persebaya. Sebab, Timnas Indonesia juga membutuhkan jasanya di Piala AFF 2020 yang digelar pada Desember 2021 lalu.

Nama Ernando Ari Sutaryadi  lantas menjadi perbincangan hangat. Sosok kiper berusia 20 tahun itu berjasa besar membawa Timnas Indonesia U-23 meraih perunggu SEA Games 2021.

Setelah Persebaya mampu semakin memolesnya sebagai penjaga gawang berkualitas, kini PSIS Semarang datang menggoda dengan alasan memulangkan pemain putra daerah.

Video Populer

Foto Populer