Sukses


Hansamu Yama Ingin Kembali ke Timnas Indonesia: Saya Sadar, di Sana Banyak Pemain Muda dan Senior yang Bagus

Bola.com, Bekasi - Sekitar tiga tahun lalu, Hansamu Yama punya dua atribut paten di Timnas Indonesia. Selain menjadi pilar di lini belakang, bek kelahiran Mojokerto, Jawa Timur itu juga didapuk sebagak kapten tim.

Kala itu, usia Hansamu Yama masih menginjak 24 tahun. Suatu pencapaian yang luar biasa bagi pemain yang belum menyentuh era keemasannya. Bagaimana dengan sekarang?

Jangankan predikat sebagai pemimpin tim, Hansamu bahkan kehilangan tempatnya di Timnas Indonesia.

Hansamu Yama belum pernah lagi membela Timnas Indonesia sejak tampuk kepemimpinan di kursi pelatih berganti dari Simon McMenemy ke Shin Tae-yong. Dia hanya sempat dipanggil ke pemusatan latihan pada awal 2020.

2 dari 6 halaman

Menurun

Belakangan, performa Hansamu Yama memang mengalami penurunan. Pemain kelahiran 16 Januari 1995 itu hanya bermain 19 kali untuk Bhayangkara FC di BRI Liga 1 2021/2022. Dia juga 13 kali dicadangkan.

Per musim ini, Hansamu bergabung dengan Persija. Dia menandatangani kontrak selama semusim plus perpanjangan kontrak setahun.

Di Persija, Hansamu tidak mendapatkan jaminan akan selalu beraksi di tempat utama. Sebab, tim ibu kota ini punya bek tengah yang melimpah. Setidaknya hingga saat ini, Hansamu punya tiga palang pintu pesaing.

3 dari 6 halaman

Persaingan Ketat

Ketiganya adalah Ryuji Utomo, Otavio Dutra, dan Maman Abdurrahman. Jumlah itu belum ditambah jika Persija mendatangkan bek asing untuk memperkukuh lini belakangnya.

Masih di Persija, Hansamu ingin kembali ke Timnas Indonesia. Namun, ia memahami bahwa tim berjuluk Skuad Garuda itu saat ini didominasi oleh pemain muda meski juga memiliki sejumlah pemain senior.

Kompatriot Hansamu di era Simon McMenemy pelan-pelan mulai comeback ke Timnas Indonesia. Stefano Lilipaly misalnya, yang dipercaya Shin Tae-yong masuk skuad untuk Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

4 dari 6 halaman

Ambisi Hansamu Yama

"Sebagai pemain, saya pasti ingin kembali lagi ke Timnas Indonesia," ujar Hansamu dalam konferensi pers sebelum Persija beruji coba dengan Sabah FC, Sabtu (4/6/2022).

Persija akan menghadapi tim Malaysia, Sabah FC dalam partai persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (5/6/2022) pukul 16.00 WIB.

"Namun, saya menyadari bahwa Timnas Indonesia sekarang diisi pelain yang bagus-bagus. Banyak pemain muda dan ada beberapa pemain senior juga."

"Semoga saya bisa membantu dan intinya saya masih ingin bermain untuk Timnas Indonesia," jelas pemegang 18 caps bersama Skuad Garuda itu.

5 dari 6 halaman

Jadwal Uji Coba Persija Vs Sabah FC

Persija Jakarta Vs Sabah FC

Minggu (5/6/2022)

Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi

Kick-off 16.00 WIB

Live Indosiar dan Vidio

6 dari 6 halaman

Persija di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer