Sukses


Presiden Jokowi Puji Kembalinya Piala Presiden 2022

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan bahwa Presiden Jokowi memuji kembalinya Piala Presiden 2022.

"Pak Presiden mengapresiasi terhadap kegiatan sepak bola di Tanah Air yang sudah mulai memasuki masa-masa normal," kata Amali dalam konferensi pers Piala Presiden 2022 di Studio Lantai 8 SCTV Tower, Jakarta Pusat, Senin (6/6/2022) sore WIB.

Turnamen pramusim BRI Liga 1 kembali memakai titel Piala Presiden 2022 setelah pada tahun lalu menggunakan nama Piala Menpora. 

2 dari 5 halaman

Persis Vs PSS Jadi Partai Pembuka

Piala Presiden 2022 akan digelar pada 11 Juni-17 Juli 2022 dengan berisikan 18 klub yang berasal dari BRI Liga 1 dan dibagi ke empat grup.

Piala Presiden 2022 bakal dimulai oleh laga Grup A antara Persis Solo kontra PSS Sleman di Stadion Manahan, Solo pada 11 Juni 2022. Namun, Amali belum dapat memastikan kehadiran Jokowi dalam pembukaan itu.

"Terkait harapan dari Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan para peserta untuk kehadiran Pak Presiden, kami akan koordinasikan dalam pembukaan," ujar Amali.

"Semoga tidak bentrok dengan kegiatan Pak Presiden yang lain yang sudah terjadwal. Beliau mengapresiasi Piala Presiden 2022."

"Diharapkan, Piala Presiden 2022 akan sukses dan ujungnya sebagai persiapan menuju kompetisi musim depan. Kepada para sponsor, saya berharap ke depan makin besar lagi dukungannya," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Uji Coba Pertandingan dengan Penonton

Amali mengungkapkan bahwa Piala Presiden 2022 dapat menjadi uji coba menggelar pertandingan dengan penonton sebelum BRI Liga 1 2022/2022 dapat dihadiri suporter.

"Seperti biasa, kalau turnamen pramusim itu, persiapan menuju kompetisi. Saya berharap ini dimanfaatkan dengan baik dan serius," terang Amali.

"Bagi klub-klub untuk mempersiapkan diri masuk ke musim 2022/2023 sekaligus menjadi ajang untuk kami menguji coba dengan penonton."

"Jadi, pemerintah berharap penyelenggara, baik itu PSSI dan PT LIB mempersiapkan betul karena kami akan menyelenggarakan laga dengan penonton," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Suporter Kembali ke Stadion

Menpora Zainudin Amali juga mengungkapkan harapannya terkait penyelenggaraan Piala Presiden 2022. Zainudin Amali berharap turnamen pramusim ini akan menjadi ajang untuk memastikan bahwa sepak bola Indonesia bisa kembali digelar dengan kehadiran suporter di stadion.

Menpora pun berharap PSSI dan PT Liga Indonesia Baru sebagai penyelenggara bisa memastikan semua persiapan berjalan lancar sehingga suporter bisa kembali ke stadion tanpa adanya kendala setelah dua tahun sepak bola Indonesia tanpa suporter di stadion karena pandemi COVID-19.

"Ini menjadi ajang untuk mencoba penonton. Pemerintah berharap, penyelenggara baik PSSI maupun PT LIB, memepersiapkan benar karena ini akan kembali ada penonton. Saya senang karena Piala Presiden kembali bergulir kembali.

5 dari 5 halaman

Tengok Persaingan di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer