Sukses


3 Bintang Timnas Indonesia yang Punya Kans Menjebol Gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Laga pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 akan dijalani Timnas Indonesia, Rabu (8/6/2022) malam WIB. Tim besutan Shin Tae-yong ini langsung bersua dengan tuan rumah Kuwait di Jaber Al-Ahmad International Stadium.

Sebanyak 23 pemain Timnas Indonesia dalam kondisi siap tempur menghadapi laga ini. Meski sebagai tim tamu, Timnas Indonesia ingin tampil asal-asalan. Mereka memburu tiga poin untuk memuluskan langkah lolos dari fase grup.

Tentunya Shin Tae-yong bakal menginstruksikan anak buahnya agar tidak membuang peluang yang didapat. Jika melihat dari ujicoba sebelum berangkat ke Kuwait, ada beberapa pemain yang berpotensi jadi tumpuan mencetak gol.

Mereka justru bukan berposisi sebagai striker murni. Melainkan gelandang serang dan pemain sayap.

Sejak SEA Games 2021, produktivitas Timnas Indonesia mulai begantung kepada pemain sayap. Karena mereka sering tiba-tiba muncul ke dalam kotak penalti dan menyelesaikan peluang yang didapat. Berikut tiga pemain yang punya kans merobek gawang Kuwait.

2 dari 6 halaman

Stefano Lilipaly

Gelandang naturalisasi ini baru dipanggil lagi ke Timnas Indonesia. Lilipaly tampil sebagai gelandang serang saat ujicoba lawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung 1 Juni lalu. Pemain 32 tahun ini punya beberapa peluang di laga tersebut. Sayang, tak satupun peluang itu bisa dituntaskannya menjadi gol.

Saat lawan Kuwait, pemain yang baru pindah ke Borneo FC itu tetap di prediksi jadi andalan untuk memecah kebuntuan. Lilipaly sempat memperlihatkan insting golnya di Asian Games 2018 silam. Waktu itu dia mencetak 4 gol dari 5 laga. Tapi setelah itu, Lilipaly tidak terlalu tajam bersama Timnas Indonesia.

Sampai saat ini, Lilipaly memiliki 28 caps bersama Timnas Indonesia. Total dia mengoleksi 7 gol. Tak terlalu banyak memang. Tapi pemain kelahiran Belanda ini tetap diharapkan bisa jadi andalan untuk merobek gawang Kuwait.

3 dari 6 halaman

Saddil Ramdani

Winger yang kini membela Sabah FA, Malaysia ini termasuk punya kans merobek gawang Kuwait. Karena Saddil punya kecepatan, power dan tembakan kaki kiri yang keras. Ini jadi senjata bagi Timnas Indonesia. Apalagi posisinya belakangan jadi sayap kanan. Jadi, saat melakukan akselerasi kedalam kotak penalti, dia punya posisi yang pas melepaskan shooting dengan kaki kiri.

Hanya saja saat membela tim senior Indonesia, Saddil belum pernah mencetak gol. Berbeda saat dia bermain untuk timnas kelompok usia. Saddil pernah mencetak gol-gol indah lewat tendangan kerasnya. Ekseptasi fans Timnas Indonesia kepada winger 23 tahun ini juga tinggi. Karena dia jadi pengganti Egy MaulanaVikri yang tidak dibawa karena cedera.

Diharapkan Saddil bisa tampil prima dan banyak dapat suplai bola. Jika Timnas Indonesia lebih banyak ditekan, tentu Saddil tak bisa berbuat banyak di lini depan. Kalau suplai bola kepadanya sangat kurang.

4 dari 6 halaman

Irfan Jaya

Winger asal Bali United ini termasuk winger yang lumayan produktif. Dia punya skill, kecepatan dan penyelesaikan yang bagus pula. Wajar jika Shin Tae-yong memanggilnya lagi. Dari total 19 caps bersama Timnas Indonesia, Irfan Jaya membukukan 6 gol.

Saat lawan Kuwait, dia jadi andalan untuk kembali mencetak gol. Meski dia bakal kalah postur dari pemain Kuwait, tapi kecepatannya bisa jadi senjata mengelabuhi kawalan lawan. Terakhir Irfan Jaya mencetak gol saat ujicoba melawan Myanmar pada 2021 lalu. Waktu itu dia membantu Timnas Indonesia menang telak 4-1. Setelah itu, Irfan belum mencetak gol lagi.

Saat lawan Kuwait, bisa jadi dia punya hasrat lebih tinggi kembali berkontribusi untuk Indonesia. Apalagi kepercayaan dirinya sedang bagus. Lantaran musim lalu dia baru merasakan gelar juara Liga 1 bersama Bali United.

5 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Jadwal Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023

8 Juni 2022

  • Kuwait vs Timnas Indonesia
  • Jaber Al-Ahmad International Stadium
  • Kick-off: 23.15 WIB

12 Juni 2022

  • Timnas Indonesia vs Yordania
  • Jaber Al-Ahmad International Stadium
  • Kick-off: 02.15 WIB

15 Juni 2022

  • Timnas Indonesia vs Nepal
  • Jaber Al-Ahmad International Stadium
  • Kick-off: 02.15 WIB
6 dari 6 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Adisatryo, Syahrul Trisna

Bek: Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Koko Ari, Edo Febriansah, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Fachruddin Aryanto

Gelandang: Stefano Lilipaly, Terens Puhiri, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Marc Klok, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani

Penyerang: Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Irfan Jaya

Video Populer

Foto Populer