Sukses


3 Calon Pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Versi Netizen: Luis Milla, Park Hang-seo, dan Indra Sjafri

Bola.com, Jakarta - Netizen mulai bergerak mencari pelatih yang cocok untuk menggantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia level senior dan timnas U-23 jika PSSI menetapkan pria asal Korea Selatan itu untuk fokus di timnas U-20.

"Kami sebenarnya ingin Shin Tae-yong fokus di timnas U-20, begitu dari awal kami kontrak dia. Namun, dia mau semua ditangani," ujar ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

"Mulai dari Timnas Indonesia, U-23, dan U-20. Saya bilang kenapa? Dia jawab dia ingin lihat perkembangan pemain dari junior ke senior sehingga mengikuti perkembangan pemain tersebut."

"Ternyata mungkin sekarang, saya melihat Shin Tae-yong cukup keteteran dengan timnas tiga kelompok usia itu. Kami akan diskusikan nanti. Kami akan rekomendasikan."

"Rencananya, Shin Tae-yong kalau bisa hanya melatih timnas U-20 saja. Karena itu yang akan dipegang untuk Piala Dunia U-20 2023. Fokus," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

2 dari 6 halaman

Siapa yang Cocok?

Lantas, siapa pelatih Timnas Indonesia jika Shin Tae-yong diprioritaskan untuk timnas U-20 yang bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023?

"Adapun soal pengganti Shin Tae-yong di timnas senior, kami akan lihat dulu," papar Iriawan.

Shin Tae-yong masih berada di Kuwait. Lelaki berusia 53 tahun itu akan memimpin Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Mei 2022.

Seusai kembali dari Kuwait, PSSI bakal berdiskusi dengan Shin Tae-yong. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu juga diperbolehkan untuk bersuara guna memberikan saran dan masukan.

"Belum tentu Shin Tae-yong mau hanya memegang timnas U-20," tutur pria yang karib dipanggil Iwan Bule tersebut.

"Kami berkeinginan begitu. Shin Tae-yong fokus dengan timnas U-20 dan timnas U-23 kemungkinan tidak. Untuk Timnas Indonesia, kami inginnya diberikan ke pelatih lain," tutur Iriawan.

3 dari 6 halaman

Netizen Mulai Menggema

Nama-nama yang familiar di mata dan telinga mulai berkeliaran. Banyak netizen yang meminta PSSI untuk cinta lama bersemi kembali (CLBK) dengan arsitek asal Spanyol, Luis Milla.

Publik pernah jatuh hati dengan Luis Milla kala pria berusia 56 tahun itu memoles Timnas Indonesia pada 2017-2018.

Luis Milla dianggap dapat mengubah permainan Timnas Indonesia dan berperan dalam menyusun Filosofi Sepak Bola Indonesia alias Filanesia.

Sejumlah warganet juga menyarankan PSSI untuk membajak pelatih Vietnam, Park Hang-seo yang notabene kompatriot sekaligus rival Shin Tae-yong.

Park Hang-seo sangat sukses sebagai pelatih arsitek Vietnam sejak 2017. Dia mampu mengubah wajah tim berjuluk Golden Star Warriors itu sebagai tim yang disegani di Asia.

Park Hang-seo membawa Vietnam menjuarai Piala AFF 2018. Selain itu, ia juga mengantar Vietnam U-23 meraih medali emas SEA Games 2019 dan 2022 hingga menjadi runner-up Kualifikasi Piala Asia U-23 2018.

Ada pula pengguna Twitter yang merasa Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri pantas menjadi suksesor Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Indra Sjafri adalah mantan pelatih timnas U-23, timnas U-19, dan timnas U-16. Dia berprestasi dengan meraih Piala AFF U-22 pada 2019 dan Piala AFF U-19 pada 2013.

Siapa pilihan pembaca Bola.com sebagai pelatih Timnas Indonesia jika Shin Tae-yong fokus di timnas U-20?

4 dari 6 halaman

Dukungan untuk Luis Milla

5 dari 6 halaman

Mending Park Hang-seo

6 dari 6 halaman

Indra Sjafri?

Video Populer

Foto Populer