Sukses


Piala Presiden 2022: Silvio Junior Gabung Persebaya, Tertekan atau Jadi Pelecut Semangat?

Bola.com, Surabaya - Striker Silvio Junior sedang menjalani momen awal bergabung dengan Persebaya Surabaya. Pemain asing asal Brasil ini menjadi harapan bagi suporter Bajul Ijo untuk membawa klub kebanggaannya meraih prestasi.

Keberadaan Silvio akan menambah kekuatan Persebaya. Silvio tercatat pernah berkarier di sejumlah negara selain negara asalnya. Di antaranya adalah Ukraina, Albania, Slovakia, Azerbaijan, hingga Uni Emirat Arab.

Kedatangan Silvio Junior telah melengkapi slot pemain asing Persebaya. Dua rekan senegaranya sudah bergabung, yakni bek Leo Lelis dan gelandang Higor Vidal. Satu lagi adalah winger asal Jepang, Sho Yamamoto.

Ada kemungkinan Silvio Junior bisa diturunkan dalam Piala Presiden 2022. Persebaya Surabaya tergabung di Grup C yang dimainkan di Bandung dan akan bersaing dengan Persib Bandung, Bali United, serta Bhayangkara FC.

2 dari 7 halaman

Sempat Dilematis

Persebaya Surabaya sebelumnya sempat menghadapi dilema dengan kegagalan merekrut striker asing. Beruntung, kedatangan pemilik nama lengkap Silvio Rodrigues Pereira Junior itu bakal membantu Bajul Ijo.

Masalahnya, Silvio diprediksi bakal berada di bawah tekanan mengingat ekspektasi suporter cukup besar buatnya. Sebagai striker asing, dia harus bisa jadi mesin gol yang diandalkan. Hal tersebut tidak terjadi pada musim lalu.

Persebaya sempat merekrut Jose Wilkson di putaran pertama Liga 1 2021/2022. Sayang, dia gagal memberi kontribusi optimal dan dipinjamkan ke Persela Lamongan. Lalu, Arsenio Valpoort malah tampil lebih buruk.

Catatan statistik dari rekam jejaknya menunjukkan kurang mentereng. Dia paling banyak mencetak 11 gol saja untuk satu klub, lebih tepatnya saat membela klub Albania, Vllaznia Shkoder, pada 2018-2019. Jumlah gol itu dicetaknya dalam 26 laga.

Silvio sempat kembali ke klub tersebut pada 2020. Catatannya semakin menurun dengan hanya mencetak empat gol saja dalam dari 17 laga. Berikutnya, performanya juga tidak terlalu istimewa.

3 dari 7 halaman

Aji Tak Berpatokan pada CV

Saat di Azerbaijan, jumlah hanya empat gol lagi-lagi ditorehkannya, malah dalam 27 laga, dengan membela Kesla (2020-2021). Beruntung, mulai ada peningkatan rataan gol setelahnya.

Dia berkarier di Uni Emirat Arab dan menyumbang lima gol dari 11 laga untuk Al Dhaid. Terakhir, masih di negara yang sama Silvio memiliki rataan gol di atas satu dengan mencetak tujuh dalam lima laga untuk Masafi pada 2021-2022.

Dengan catatan yang seperti itu, apa pertimbangan pelatih Aji Santoso merekrut striker berusia 28 tahun ini?

“Saya bukan pelatih yang berpatokan pada CV (rekam jejak). Saya melihat videonya, pemain ini cocok dengan Persebaya. Itu juga setelah berdiskusi dengan staf pelatih,” ungkap Aji kepada Bola.com.

4 dari 7 halaman

Buktinya Taisei Marukawa

Apa yang dilontarkan oleh Aji cukup beralasan. Dia merekrut Taisei Marukawa pada 2021 yang juga tidak memiliki rekam jejak mengesankan. Winger asal Jepang itu justru moncer dan keluar sebagai pemain terbaik Liga 1 2021/2022.

Sisi positif Silvio Junior terlihat dari semangatnya. Dia tidak membuang waktu untuk bersantai. Baru tiba di Surabaya, Selasa (7/6/2022) pagi, Silvio Junior langsung mengikuti latihan pada sore harinya.

Pemain berpaspor Brasil itu terlihat antusias mengikuti latihan, meski belum banyak yang bisa dilakukannya. Momen latihan pertama ini dimanfaatkannya berkenalan dengan seluruh anggota tim Bajul Ijo.

“Hal pertama yang saya lihat dari tim sangat bagus, sangat terorganisasi. Saya senang di sini. Saya antusias bisa bermain, bertemu rekan-rekan, dan pelatih. Sekali saya mendengar Persebaya, tentang klub ini. Saya tahu suporternya sangat gila. Saya menyiapkan mental untuk memberikan hasil terbaik,” tuturnya.

5 dari 7 halaman

Tekanan

Tekanan besar mungkin akan mengganggunya. Namun, Silvio Junior enggan bicara target gol seperti sesumbar yang biasa dilakukan oleh striker asing yang baru tiba di Indonesia.

“Saya tidak bicara angka. Saya hanya ingin beradaptasi cepat dan melakukan yang terbaik Saya belum bicara (target) dengan pelatih. Klub besar harus ada di atas. Jadi, targetnya seperti itu,” ucapnya.

Melihat perilakunya, Silvio bakal menjadi teladan yang tepat untuk para pemain Persebaya. Semangat besarnya untuk segera berkontribusi pada klub sangat terlihat. Dia juga mau bekerja keras untuk tim.

6 dari 7 halaman

34 Pemain

Persebaya saat ini tercatat sudah memiliki sebanyak 34 pemain yang bergabung dalam skuatnya. Kebanyakan dari mereka masih berusia muda yang dipromosikan dari tim junior Persebaya sendiri.

Di Liga 1 2022/2023, Bajul Ijo memasang target bisa menembus tiga besar. Hal itu didasarkan pada keberhasilan musim lalu yang mampu menduduki peringkat kelima klasemen akhir yang juga mengandalkan banyak pemain muda.     

7 dari 7 halaman

Jejak Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer