Sukses


3 Fakta Kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023: Gol Debut Marc Klok

Bola.com, Kuwait City - Laga perdana Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 berjalan sukses. Menghadapi Kuwait di Kuwait City pada Rabu (8/6/2022) tengah malam WIB, Garuda menang 2-1.

Di laga itu tim asuhan Shin Tae-yong sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Youssef Nasser Alsulaiman di menit ke-40. Namun, Garuda berhasil berbalik unggul.

Gol pertama Indonesia dicetak oleh Marc Klok lewat tendangan penalti di akhir babak pertama. Sementara Rachmat Irianto mencetak gol kemenangan Timnas di awal babak kedua.

Ada tiga fakta menarik mengenai kemenangan ini. Fakta pertama adalah ini merupakan kemenangan perdana Timnas Indonesia sejak tahun 1980. Saat itu Garuda juga menang dengan skor 2-1 atas Kuwait.

Kemenangan itu terjadi di Merdeka Tournament Malaysia. Pertandingan berlangsung di Kuala Lumpur, Laga berakhir dengan kemenangan 2-1 buat Timnas Indonesia.

2 dari 5 halaman

Gol Debut Klok

Laga ini cukup spesial bagi Marc Klok. Laga ini menandai gol perdana gelandang berusia 29 tahun itu bersama Timnas Indonesia senior.

Gol dari titik penalti yang dicetak Marc Klok itu merupakan gol pertamanya bersama Timnas Indonesia senior.

Menariknya, Klok tak butuh waktu lama untuk melakukan hal itu. Ia sudah mencetak gol setelah mencatatkan dua caps saja bersama Garuda.

Caps pertama Klok terjadi pada 1 Juni 2022 lalu. Saat itu Timnas Indonesia menjamu Bangladesh.

3 dari 5 halaman

Peluang Lolos Terbuka Lebar

Kemenangan ini memang sangat berarti untuk Timnas Indonesia. Torehan tiga poin dari Kuwait membuat Garuda memimpin klasemen sementara Grup A.

Timnas Indonesia mengoleksi tiga poin. Tim asuhan Shin Tae-yong memimpin klasemen sementara sebab laga antara Yordania melawan Nepal baru akan dilangsungkan Kamis (9/6/2022) pukul 02.15 WIB.

4 dari 5 halaman

Bagaimana Caranya?

Kemenangan ini juga membuat peluang Timnas Indonesia cukup besar untuk lolos ke putaran final Piala Asia. Terutama lewat jalur runner-up terbaik.

Timnas Indonesia hanya perlu meraih satu kemenangan lagi untuk melakukan hal itu. Kemenangan yang kemungkinan besar bisa diraih saat melawan Nepal.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Berikutnya

Minggu (12/6/2022)

Pukul: 02.15 WIB

Timnas Indonesia Vs Yordania

Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City

Live: Indosiar

Video Populer

Foto Populer