Sukses


Pahlawan Kemenangan Timnas Indonesia Gelorakan Ambisi Menembus Piala Asia 2023

Bola.com, Kuwait City - Setelah Kuwait, lalu Yordania. Timnas Indonesia sudah siap menantang pesaing terberatnya di Grup A Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 itu.

Kepercayaan diri yang tinggi tengah merasuki Timnas Indonesia. Apa sebab? Tim berjulukan Skuad Garuda itu baru saja mempermalukan Kuwait.

Kuwait adalah tuan rumah Grup A Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Namun, kondisi itu tidak membuat mental Timnas Indonesia jatuh. Tim Garuda terbang tinggi dan sukses meraup tiga poin. 

Ricky Kambuaya dkk. berhasil mempencundangi Kuwait dengan skor 2-1 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu (8/6/2022) malam WIB.

Kemenangan atas Kuwait membuat Skuad Garuda berada di peringkat kedua Grup A dengan tiga poin. Timnas Indonesia hanya berjarak selisih gol dari Yordania selaku pemuncak grup.

2 dari 5 halaman

Ingin Lolos ke Piala Asia 2023

Pada matchday, hari, dan stadion yang sama namun pada waktu yang berbeda, Yordania mampu mengalahkan Nepal dengan skor 2-0.

Siapa lawan Timnas Indonesia selanjutnya? Yordania. Di atas kertas, kekuatan kesebelasan dengan sebutan lain The Chivalrous itu jauh di atas Skuad Garuda.

Yordania bercokol di peringkat ke-91 ranking FIFA. Bagaimana dengan Timnas Indonesia? Hanya berada di posisi ke-159. Perbedaan kualitas kedua tim begitu mencolok.

Sekali lagi, Skuad Garuda tidak takut. Pahlawan kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait, Rachmat Irianto, terus menggelorakan keyakinan untuk lolos ke Piala Asia 2023.

Setelah melawan Yordania, Timnas Indonesia telah ditunggu Nepal pada 14 Juni 2022 yang dianggap sebagai tim terlemah di Grup A Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Torehan tiga poin atas Kuwait membuat kami percaya diri menatap dua partai berikutnya. Kami ingin lolos ke Piala Asia tahun depan," imbuh Irianto dinukil dari laman PSSI.

3 dari 5 halaman

Kontribusi Rachmat Irianto

Kontribusi Irianto begitu besar ketika Timnas Indonesia membungkam Kuwait. Pemain berusia 23 tahun itu mencetak satu gol dan menjadi aktor yang membuat Skuad Garuda mendapatkan tendangan penalti pada babak pertama.

"Sangat sulit bermain dengan suhu 40 derajat celcius, kami kesulitan bermain di babak pertama karena cuaca yang panas," ujar Irianto.

"Di babak kedua, kami mengikuti arahan pelatih bahwa kami harus lebih kerja keras dan memiliki motivasi yang sangat tinggi untuk memenangkan pertandingan. Alhamdulillah kami sangat bersyukur," terang gelandang asal Persib Bandung itu.

4 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

8 Juni 2022

Kuwait 1-2 Timnas Indonesia

Kick-off 23.15 WIB

Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City

Live Indosiar dan Vidio

12 Juni 2022

Timnas Indonesia Vs Yordania

Kick-off 02.15 WIB

Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City

Live Indosiar dan Vidio

15 Juni 2022

Timnas Indonesia Vs Nepal

Kick-off 02.15 WIB

Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City

Live Indosiar dan Vidio

5 dari 5 halaman

23 Pemain Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Adisatryo, Syahrul Trisna

Bek: Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Koko Ari, Edo Febriansah, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Fachruddin Aryanto

Gelandang: Stefano Lilipaly, Terens Puhiri, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Marc Klok, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani

Penyerang: Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Irfan Jaya

Video Populer

Foto Populer