Sukses


Yordania Bakal Jadi Lawan Terberat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Yordania memiliki tiga alasan mengapa tim asal Timur Tengah ini bakal jadi lawan terberat Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan keduanya di Kualifikasi Piala Asia 2023, Minggu (12/6/2022) dini hari WIB. Pada duel perdana, Merah Putih membukukan kemenangan penting atas Kuwait dengan skor 2-1.

Yordania juga sama-sama memetik tiga poin setelah mengandaskan perlawanan Nepal dengan skor 2-0. Sama-sama mengoleksi tiga poin dengan Timnas Indonesia, hasil akhir pertandingan nanti akan menentukan siapa yang layak memuncaki klasemen sementara.

Hanya saja, Yordania memiliki tiga alasan mengapa mereka layak dicap sebagai lawan terberat Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia 2023. Berikut ini ulasannya:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Head to Head

Timnas Indonesia mengklaim kemenangan nyaman 4-1 atas Timor Leste sebelum bermain imbang tanpa gol dengan Bangladesh dalam dua pertandingan persahabatan.

Timnas Indonesia 11 kali tak terkalahkan dari 12 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi, dengan kekalahan 0-4 dari Thailand pada Desember 2021 sebagai pengecualian.

Hanya saja, Yordania unggul head to head atas Timnas Indonesia. Ini akan menjadi pertemuan kelima antara kedua belah pihak.

Yordania lebih superior dalam pertemuan dengan Timnas Indonesia, memenangkan semuanya dari empat pertemuan mereka sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Rekor Apik Yordania di Pentas Piala Asia

Shin Tae-yong mengatakan Yordania adalah lawan yang kuat. Karena itu, pelatih asal Korsel itu menyebut laga tersebut bakal sulit bagi Timnas Indonesia.

“Menghadapi Yordania akan sulit karena kami akan menghadapi tim yang kuat dan kandidat yang lolos dari grup ini,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari Almamlaka TV.

Yordania juga memiliki rentetan rekor apik di ajang Piala Asia. Pada 2014 mereka finis ketiga, 2016 mencapai perempat final, 2018 tersingkir dari Putaran 1, dan 2020 mencapai perempat final.

4 dari 5 halaman

Ranking FIFA

Yordania berada di Grup A yang relatif mudah, dan mereka idealnya tidak mengalami kesulitan untuk lolos dari kualifikasi. Namun, penampilan terakhir skuat belum terlalu meyakinkan.

Saat ini berada di peringkat 91 dalam peringkat terbaru FIFA, Yordania memulai kualifikasi Grup A melawan Nepal, sebelum menghadapi peringkat 159 Indonesia pada 12 Juni dan tuan rumah peringkat 146 Kuwait pada 15 Juni.

Tim teratas selain lima tim peringkat kedua teratas akan melaju ke putaran final yang akan digelar pada 2023.

Pelatih Yordania, Adnan Hamad menggarisbawahi dalam konferensi pers hari Selasa, "Tujuan saya adalah mengembalikan skuad ke bentuk kompetitif dan menjadi salah satu tim terbaik di Asia."

5 dari 5 halaman

Prediksi Starting XI

  • Timnas Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Rizky Ridho, Elkan Baggott, Fachrudin Wahyudi Aryanto; Irfan Jaya, Rachmat Irianto, Marc Klok, Pratama Arhan Rifai; Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly, Ricky Kambuaya
  • Yordania (4-3-3): Yazeed Abulaila; Ehsan Haddad, Yazan Alarab, Abdallah Nasib, Mohammad Ali Hasheesh; Ahmed Sameer, Baha Abdulrahman, Ali Olwan; Musa Al-Taamari, Yazan Al Naimat; Mohammed Abu Zrayq

Video Populer

Foto Populer