Sukses


Antisipasi Elkan Baggott Tak Jadi Starter Timnas Indonesia Vs Yordania, Siapa Penggantinya Shin Tae-yong?

Bola.com, Kuwait City - Timnas Indonesia menghadapi laga yang tidak mudah dalam lanjutan Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Tim Garuda harus bersua Yordania di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Minggu (12/6/2022) dini hari WIB.

Timnas Indonesia sudah punya modal penting untuk menghadapi Yordania. Sebelumnya, Fachruddin Aryanto membuat kejutan dengan menumbangkan Kuwait dengan skor 2-1 di stadion yang sama, Rabu (8/6/2022).

Duel kontra Yordania tentu akan berbeda karena jadi tim unggulan di Grup A. Timnas Indonesia memang kalah jauh dari segi ranking FIFA dari Yordania. Skuat Garuda saat ini berada di urutan ke-159, sedangkan Yordania ada di urutan ke-91.

Kemungkinan, Shin Tae-yong tidak akan banyak melakukan perubahan komposisi pemain Timnas Indonesia dalam pertandingan ini. Formasi 3-4-3 sudah berjalan baik, baik dari sisi bertahan maupun menyerang.

2 dari 5 halaman

3 Stoper Jadi Taktik Utama

Strategi tiga bek, diisi oleh Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, dan Elkan Baggott, yang diterapkan saat menghadapi Kuwait mengejutkan banyak pihak. Alih-alih memaksa bermain terbuka, Timnas Indonesia memilih menumpuk para pemainnya.

Saat situasi bertahan, ketiga bek tengah bakal dibantu dua wingback, Pratama Arhan di kiri dan Rachmat Irianto di kanan. Hal itu membuat Indonesia terlihat menggunakan lima bek dan unggul jumlah pemain.

Sulit membayangkan Elkan Baggott tidak masuk starting eleven mengingat bek berdarah Inggris ini punya peran penting di lini belakang. Sebab, kemampuannya sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong.

3 dari 5 halaman

Kelebihan Elkan Baggott

Bek tengah berusia 19 tahun ini kemungkinan memang dimainkan sejak menit pertama. Pasalnya, pemain milik Ipswich Town ini terbukti mampu memainkan permainan apik sebagai pengganti kontra Bangladesh lalu, termasuk saat Timnas Indonesia menang atas Kuwait.

Dia memiliki kelebihan piawai memainkan bola dengan kaki kiri. Jangan lupakan juga Baggott sangat mahir mengirim umpan lambung dari belakang ke depan dengan kaki kirinya. Artinya, pemain satu ini memiliki kemampuan build-up serangan.

4 dari 5 halaman

Bakal Disimpan? Siapa Penggantinya?

Ada kans Shin Tae-yong menyimpannya dulu karena strategi tiga bek sudah bisa dibaca oleh Yordania. Jika Baggott absen atau tidak masuk starting eleven, penggunaan formasi dengan empat bek akan lebih baik untuk Timnas Indonesia.

Sebab, tidak ada pemain yang sepadan dengan kemampuannya. Masih ada Alfeandra Dewangga yang juga mahir dengan kaki kiri. Namun, posturnya berbeda dengan Baggott yang menjulang sehingga akan berbeda dalam situasi duel bola udara.

Duet antara Fachruddin dan Rizky Ridho di jantung pertahanan akan jadi keputusan yang tepat dengan tetap memainkan empat bek. Irianto dan Pratama Arhan sudah pas sebagai bek sayap dengan kemampuan mereka overlap membantu serangan.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia vs Yordania

Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia vs Yordania

Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad

Minggu, 12 Juni 2022

Kick-off: 02.15 WIB

Live: Indosiar

Streaming: Vidio

Video Populer

Foto Populer