Sukses


Viral Jadi Tokoh Utama Timnas Indonesia, Iwan Bule: Tanya Sama yang Nulis, Saya Enggak Pernah Bilang Begitu

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule buka suara terkait artikel viral yang menyebutnya sebagai penyebab Timnas Indonesia bisa menang atas Kuwait. Dengan tegas ia mengatakan tidak pernah mengeluarkan statement tersebut, dan meminta menanyakan langsung kepada yang menulis.

Setelah Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023, PSSI menerbitkan sebuah artikel. Dalam artikel tersebut, dituliskan bahwa Mochamad Iriawan adalah sosok yang paling berjasa membuat Timnas Indonesia memenangkan laga krusial tersebut.

Sontak saja artikel itu langsung viral. Banyak yang menyinyiri sang ketua umum terutama di media sosial terkait artikel tersebut.

Ketika dimintai keterangan mengenai artikel tersebut, begini jawaban pria yang akrab disapa Iwan Bule itu. "[Artikel itu] yang nulis siapa? Saya tidak pernah mengeluarkan statement itu [jadi penyebab utama Timnas menang]," ujar Iwan Bule kepada awak media di sela-sela pembukaan Piala Presiden 2022.

2 dari 6 halaman

Murni Opini Penulis

Iwan Bule menyebut bahwa ia sama sekali tidak pernah mengklaim ia penyebab utama Timnas Indonesia bisa menang atas Kuwait. Ia menyebut artikel itu merupakan opini murni seorang penulis yang diunggah ke website PSSI.

"Jadi tolong tanyakan ke yang nulis mengapa menulis seperti itu, karena saya tidak pernah mengklaim paling hebat,"

"Saya hanya partikel yang ikut mensukseskan. Siapa yang lainnya? Oh banyak, Pak Presiden Jelas, Pak Menpora jelas, Pelatih pasti, pemain nomor satu. Saya tidak pernah bicara begitu, jadi saya bingung seakan itu saya yang bicara,"

3 dari 6 halaman

Abaikan Komentar Netizen

Lebih lanjut, Iwan Bule mengaku sudah tahu bahwa ia jadi bulan-bulanan nyinyiran netizen di media sosial. Namun ia memilih santai saja, karena ia tidak pernah mengklaim ia yang paling berjasa membawa Timnas Indonesia memenangkan laga itu.

"Saya sih tidak terlalu ambil pusing dengan apa yang dikatakan netizen ya, karena saya tidak pernah berbicara seperti itu,"

"Saya mah bukan yang menentukan tim menang kemarin, karena saya saja ada di Indonesia kemarin sementara mainnya saja di Kuwait, jadi tolong tanyakan ke wartawan yang menulis [artikel] itu,"

4 dari 6 halaman

Cuma Opini Wartawan

Pada kesempatan yang sama, Iriawan juga menjelaskan kronologi mengapa artikel itu bisa masuk ke website PSSI. Ia menyebut tim media PSSI mendapatkan kiriman dari salah satu wartawan mengenai Iwan Bule dan mereka memutuskan menaikkannya karena dianggap memberikan apresiasi yang positif kepada sang ketua umum.

"Wah kalau itu [kenapa artikel itu bisa tayang] coba tanya ke bagian media, mungkin mereka lihat ada yang apresiasi ketua umum jadi wajar saja. saya juga tidak tahu berita itu naik, makanya saya tanya ke tim media [kenapa berita ini naik], mereka bilang 'Saya naikkan karena ini mengapresiasi [Iwan Bule]',"

"Opini boleh saja kok, dan saya juga banyak mendapatkan opini yang jelek, tapi saya tidak masalah tetap jalan. Sekali lagi ini pahala bagi saya,"

5 dari 6 halaman

Banyak Elemen

Sebagai penutup, Iwan Bule juga membeberkan siapa yang menurutnya paling berjasa membawa Skuat Garuda menang di laga itu. Ia menegaskan kemenangan itu diraih berkat kerja keras para pemain dan pelatih.

"Ya Pemain dan pelatih lah.Partikel lainnya banyak lah, di situ ada kitman, ada dokter, semua ikut terlibat dalam kemenangan itu. Saya hanya di Jakarta memberikan semangat, dan saya mempersiapkan keberangkatan mereka,"

"Sementara partikel yang lebih besar ada banyak. Ada pak Presiden, ada pak Menpora, jadi saya hanya bagian kecil saja. Jadi saya kaget kenapa berita kemarin bisa ramai, padahal saya gak pernah bilang," ia menandaskan.

6 dari 6 halaman

Laga Berikutnya

Timnas Indonesia akan menghadapi pertandingan kedua kualifikasi Piala Asia 2023 nanti malam.

Lawan yang akan dihadapi anak asuh Shin Tae-yong itu cukup berat, karena mereka akan menghadapi Yordania.

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 11/6/2022)

Video Populer

Foto Populer