Sukses


Ketua PSSI Tinjau Lokasi TC Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-20 di Bandung

Bola.com, Bandung - Setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zaenudin Amali, giliran Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mendatangi kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang berada di Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Senin (13/6/2022).

Ketua PSSI yang karib disapa Iwan Bule itu sengaja menyambangi kampus UPI untuk meninjau kesiapan lokasi pemusatan latihan (TC) yang akan disiapkan untuk Timnas Indonesia U-20 guna persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 2023.

"Setelah bertakziah ke Kang Emil (Gubernur Jawa Barat), saya sengaja ke lokasi TC untuk melihat secara detail, baik lapangan, sport science, kolam renang, dan jogging track, serta semua fasilitas yang ada di sini," jelas Iriawan setelah meninjau lapangan dan fasilitas yang ada di kampus UPI.

"Secara eksplisit, Pak Menpora dan Waketum PSSI sudah menyampaikan ada beberapa yang harus direnovasi, semisal rumput dan lampu, nah sekarang melihat langsung," lanjut Iwan Bule.

2 dari 4 halaman

Puji Fasilitas di Kampus UPI

Iriawan menilai fasilitas lainnya yang ada di UPI sudah bagus, termasuk kolam renangnya. Namun, ruang ganti di lapangan UPI harus berstandar, sebab nantinya akan mengundang tim nasional dari luar negeri, seperti halnya Timnas Timor Leste, Bangladesh, dan lainnya.

"Mohon doanya saja, semoga bisa teralisasi. TC ini yang disampaikan dan dijanjikan ke publik. Terima kasih Pak Rektor UPI yang telah memberikan ruang kepada Timnas Indonesia untuk berlatih," kata Iriawan.

"Insyaallah jika jadi di UPI, para pemain Timnas Indonesia bisa berlatih setiap saat tanpa perlu menyewa tempat seperti TC di tempat lain," lanjut ketua PSSI yang didampingi Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar.

 

3 dari 4 halaman

Bakal Segera Memastikan Kerja Sama

Bicara target kesiapan UPI bisa digunakan sebagai lokasi pemusatan latihan Timnas Indonesia, mantan Kapolda Jawa Barat ini mengaku akan melakukan rapat terlebih dulu dan berlanjut dengan penandatanganan kerja sama atau MoU antara PSSI dan UPI.

"Secara keseluruhan, tempatnya bagus. Udaranya juga pas untuk para pemain, yang tidak kalah penting lagi jogging track naik dan turun di sini seperti yang ada di Korea," ujar Iwan Bule.

"Jarak Bandung dari Jakarta juga dekat, hanya dua jam. Fasilitas hotel ada, makanan banyak. Semoga bisa terealisasi," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Bangga

Sementara itu, Rektor UPI, Prof M. Solehuddin, mengaku bangga UPI akan menjadi tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia yang dipilih oleh PSSI.

Menurutnya, UPI memang memiliki fasilitas olahraga, sehingga akan mendukung dan memenuhi permintaan PSSI agar UPI layak menjadi tempat TC berkelas nasional, bahkan internasional.

"Memang ada beberapa tempat yang harus diperbaiki, semisal lapangan yang perlu ada perbaikain rumput dan memerlukan waktu sekitar 40 hari," ujar Solehuddin.

"Kemudian ruang ganti juga harus berstandar internasional. Kami juga punya dukungan sport science dan laboratorium yang insyaallah diperlukan untuk diagnosa terkait kebugaran pemain," lanjutnya.

Video Populer

Foto Populer