Sukses


Timnas Indonesia Vs Nepal di Laga Terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023: STY Tetap Perlu Andalkan Klok dan Kambuaya

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani partai hidup dan mati di babak kualifikasi Piala Asia 2023. Tim Merah-putih bertemu Nepal pada aga pamungkas grup A di Stadion Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Laga itu adalah laga penentuan bagi tim asuhan Shin Tae-yong. Jika menang, apalagi menang dengan skor besar, peluang untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023 sangat besar.

Saat ini Timnas Indonesia menempati posisi keenam dalam peringkat runner-up terbaik. Diketahui, hanya lima runner-up terbaik yang berhak menemani para juara grup untuk lolos ke Piala Asia tahun depan.

Pengamat sepak bola nasional, Johan Arga Pramudya merasa Shin Tae-yong perlu mempertahankan komposisi pemain terutama di lini tengah. Itu penting untuk meraih poin maksimal melawan Nepal.

2 dari 6 halaman

Punya Kontribusi Besar

Johan melihat, Shin Tae-yong punya opsi dua formasi yang bisa digunakan di laga melawan Nepal. Bisa formasi tiga bek tengah atau empat bek.

Jika menggunakan formasi tiga bek tengah, Johan merasa STY harus tetap menggunakan tenaga Marc Klok dan Ricky Kambuaya di lini tengah. Keduanya bisa ditopang Rachmat Irianto dan Pratama Arhan di sisi sayap.

"Melawan Nepal, Klok dan Kambuaya harus tetap main. Karena mereka sudah in dengan babak kualifikasi ini, kalau dirotasi akan mengubah lagi nanti. Arhan atau Asnawi naik membantu keduanya," kata Johan kepada Bola.com.

3 dari 6 halaman

Trio Lini Tengah

Opsi lain bisa diambil oleh Shin Tae-yong menurut Johan Arga. Yakni memasang formasi tiga gelandang.

"Kalau pakai tiga gelandang, Irianto bisa ditaruh ke tengah. Sementara Asnawi dan Arhan bisa kembali ke bek sayap," jelasnya.

4 dari 6 halaman

Siapkan Strategi Berbeda

Menghadapi Kuwait dan Yordania, Timnas Indonesia menggunakan formasi bertahan. Shin Tae-yong menempatkan tiga bek tengah dan dibantu dua bek sayap.

Johan merasa formasi itu bisa jadi tak dipakai lagi oleh pelatih asal Korea Selatan itu. Karakter Nepal tentu berbeda dengan tim dari Timur Tengah.

"Kalau kita lihat di dua laga sebelumnya, tentunya Shin Tae-yong sudah punya evaluasi dan perencanaan melawan Nepal. Jika mengacu pada kemenangan melawan Kuwait, memainkan tiga bek, kemungkinan pertimbanganya itu postur pemain Timur Tengah yang memang tinggi-tinggi," katanya.

"STY punya taktikal lain karena tidak mau dibaca lawan," tandasnya.

5 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan

15 Juni 2022

Matchday Ketiga Grup A

Timnas Indonesia Vs Nepal

Kick-off 02.15 WIB

Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City

Live Indosiar dan Vidio

6 dari 6 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Adisatryo, Syahrul Trisna

Bek: Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Koko Ari, Edo Febriansah, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Fachruddin Aryanto

Gelandang: Stefano Lilipaly, Terens Puhiri, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Marc Klok, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani

Penyerang: Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Irfan Jaya

Video Populer

Foto Populer