Sukses


5 Negara yang Mengancam Laju Timnas Indonesia untuk Bisa Lolos ke Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia saat ini ada di posisi buncit alias keenam dalam daftar peringkat runner-up terbaik dalam kualifikasi Piala Asia 2023.

Dengan menempati posisi keenam, Garuda tentu masih belum aman. Sebab, hanya lima tim yang berhak menemani para juara grup untuk berlaga di Piala Asia tahun depan.

Timnas Indonesia mengoleksi tiga poin dari dua laga. Hasil kemenangan 2-1 atas Kuwait dan kekalahan tipis 0-1 dari Yordania.

Peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023 masih terbuka. Syaratnya tim asuhan Shin Tae-yong menang atas Nepal pada laga terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB mendatang.

Namun, kemenangan itu akan sia-sia jika lima tim di bawah ini juga meraih hasil serupa. Berikut adalah lima negara yang bisa mengancam laju Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

2 dari 6 halaman

Thailand

Thailand menempati urutan pertama runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka punya enam poin dari dua laga.

Dua kemenangan Thailand itu pun diraih dengan skor yang meyakinkan. Mereka menang 3-0 atas Maladewa dan 2-0 dari tetangga Maladewa, Sri Lanka.

Namun, tim asuhan Alexandre Polking akan menghadapi laga berat pada laga terakhir. Mereka sudah ditunggu sang tuan rumah, Uzbekistan.

Menariknya, kedua tim ini sama-sama punya enam poin. Hanya saja Uzbekistan unggul selisih gol dari Thailand.

3 dari 6 halaman

Kyrgyzstan

Negara pecahan Uni Soviet ini menempati runner-up di Grup F. Mereka punya enam poin dari dua laga.

Kyrgyzstan pun menempati posisi dua di daftar runner-up terbaik. Peluang Kyrgyzstan untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023 cukup besar.

Mereka hanya perlu hasil imbang di laga terakhir melawan Tajikistan untuk memastikan tiket menuju putaran final Piala Asia 2023.

4 dari 6 halaman

India

India pun punya situasi yang mirip dengan kedua tim di atas. Mereka sudah mengumpulkan enam poin dari dua laga.

Hasil imbang di laga terakhir sudah bisa mengantar Sunil Chhetri ke Piala Asia tahun depan. Namun, di laga terakhir mereka dihadapkan pada laga cukup berat.

Lawan yang bakal dihadapi adalah Hong Kong. Tim yang memimpin klasemen sementaar Grup D dengan keduanya sama-sama punya enam poin.

Hong Kong untuk sementara ada di puncak klasemen Grup D sebab mereka unggul selisih gol dari India.

5 dari 6 halaman

Filipina

Tim ini adalah salah satu tim yang paling berpeluang digeser Indonesia. Azkals saat ini menempati posisi empat klasemen runner-up terbaik.

Filipina mengumpulkan empat poin di Grup B. Mereka menahan imbang Yaman 0-0 dan mengalahkan Mongolia 1-0.

Namun, Filipina bakal menghadapi laga berat. Di laga terakhir mereka akan berhadapan dengan Palestina.

Secara kualitas pemain dan peringkat FIFA, Palestina lebih baik dari tetangga Indonesia itu.

6 dari 6 halaman

Malaysia

Harimau Malaya kini menempati posisi kelima ranking runner-up terbaik. Sama seperti Timnas Indonesia, Mohamadou Sumareh dan kolega mengumpulkan tiga poin dari dua laga.

Mereka menang 3-1 atas Turkmenistan. Kemudian sempat kalah 1-2 dari tim terkuat di grup E, Bahrain.

Namun, Malaysia mendapatkan keuntungan di laga terakhir mereka hanya akan menghadapi Bangladesh. Selain itu, mereka juga berlaga di kandang sendiri.

Video Populer

Foto Populer