Sukses


Peluang Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023 Terbuka Lebar usai Filipina Dibantai Palestina, Begini Syaratnya

Bola.com, Jakarta - Peluang Timnas Indonesia untuk lolos dari putaran ketiga Piala Asia 2023 terbuka lebar. Pasalnya, Filipina yang bertanding melawan Palestina dicukur 0-4, Selasa (14/6/2022).

Timnas Indonesia memang tidak satu grup dengan Filipina. Namun, mengingat hanya lima dari enam runner-up yang akan lolos ke putaran final Piala Asia 2023, maka seluruh tim yang finis peringkat dua akan diadu lagi.

Adapun Filipina kalah 0-4 dari Palestina pada laga yang digelar di MFF Football Centre, Ulaanbaatar, Mongolia. Gol-gol dicetak masing-masing oleh Saleh Chihadeh dan Tamer Seyam pada babak pertama.

Masuk paruh kedua, Timnas Filipina makin kerepotan membendung serangan Palestina. Mereka pun kembali kebobolan dua gol, setelah Mohammed Yameen dan Abu Warda mencetak gol pada menit ke-55 serta 72'.

 

2 dari 5 halaman

Runner-up Terbaik

Sejauh ini, sudah ada tiga tim runner-up di tiap grup yang dipastikan lolos. Mereka adalah Thailand (Grup C), Kyrgyztan (Grup F), dan India (Grup D).

Ketiganya bahkan masih berpeluang untuk keluar sebagai juara grup babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka masih menyisakan satu pertandingan lagi.

Sementara itu, Filipina terancam digeser oleh Yaman jika sanggup mengalahkan Mongolia. Yaman mesti menang dengan skor besar.*

*Pertandingan Yaman vs Mongolia masih berlangsung

 

3 dari 5 halaman

Penentuan

Jika Thailand (Grup C), Kyrgyztan (Grup F), dan India (Grup D) sudah pasti lolos, maka masih ada tiga tim lainnya yang masih harus saling sikut.

Selain Filipina, dua tim lainnya adalah Timnas Indonesia dan Malaysia. Keduanya akan bertanding malam hari ini dan dini hari WIB.

Timnas Indonesia berjumpa Nepal di Grup A, sedangkan Malaysia bersua Bangladesh di Grup E. Timnas Indonesia dan Malaysia wajib meraih kemenangan.

 

4 dari 5 halaman

Ranking Runner-up

Hingga pukul 16.15 WIB, berikut ini ranking runner-up Kualifikasi Piala Asia 2023:*

  1. Thailand (6 pts)
  2. Kyrgyzstan (6pts)
  3. India (6pts)
  4. Filipina (4pts)
  5. Malaysia (3pts)
  6. Indonesia (3pts)

*Thailand, Kyrgyzstan, dan India sudah dipastikan lolos.

*Hanya Filipina yang sudah bermain tiga kali, sehingga Malaysia dan Timnas Indonesia punya peluang menggeser Filipina.

*Hanya peringkat 1-5 yang berhak lolos ke Piala Asia 2023.

 

5 dari 5 halaman

Syarat Wajib

Masih mengantongi satu pertandingan yakni kontra Nepal, Timnas Indonesia kudu meraih kemenangan. Raihan tiga poin bakal membuat Tim Garuda mendulang enam angka, sekaligus menggusur Filipina.

Hasil tersebut juga membuat Indonesia dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status satu dari lima runner-up terbaik.

Malaysia, yang akan menghadapi Bangladesh, terancam menempati posisi buncit jika menelan kekalahan, sehingga yang lolos adalah Timnas Indonesia dan Filipina.

"Fokus penuh untuk partai terakhir Timnas Indonesia melawan Nepal," ujar bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott di akun Instagramnya, @elkanbaggott, Senin (13/6/2022).

Video Populer

Foto Populer