Sukses


3 Fakta Menarik Setelah Timnas Indonesia Melenggang ke Piala Asia 2023: Penantian 15 Tahun Berakhir

Bola.com, Kuwait City - Timnas Indonesia berhasil mengamankan tiket ke putaran final Piala Asia 2023. Kemenangan 7-0 atas Nepal pada laga terakhir Grup A kualifikasi putaran ketiga, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB, jadi penyebabnya.

Witan Sulaeman mencetak dua gol pada laga itu, yakni menit ke-43 dan 81'. Sementara itu, lima gol lain dicetak lima pemain berbeda yakni Dimas Drajad (6'), Fachruddin Aryanto (54'), Elkan Baggott (80'), dan Marselino Ferdinan (90').

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status sebagai satu dari lima runner-up terbaik. Tim Garuda mendulang enam poin, tertinggal tiga angka dari Yordania yang menghuni posisi teratas.

Indonesia juga melesat ke urutan kedua klasemen runner-up terbaik kualifikasi putaran ketiga Piala Asia 2023 berkat kemenangan tujuh gol atas Nepal. Timnas Indonesia mengoleksi enam poin, tertinggal satu angka dari Kyrgyzstan di posisi teratas.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Layak Dirayakan

Keberhasilan Timnas Indonesia menembus putaran final Piala Asia 2023 layak dirayakan. Sebab, terakhir kali Tim Garuda berlaga di Piala Asia terjadi pada 2007 lalu.

Saat itu, Indonesia menjadi tuan rumah bersama dengan tiga negara ASEAN lain yakni Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Adapun kelolosan terakhir selain sebagai tuan rumah dilakukan Indonesia pada Piala Asia 2004.

Bola.com, mencatat setidaknya ada tiga fakta menarik dibalik kelolosan Timnas Indonesia kali ini. Simak ulasannya di bawah ini yuk.

 

3 dari 5 halaman

Akhir Penantian 15 Tahun

Keberhasilan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 jadi pelepas dahaga prestasi sepak bola Indonesia. Terutama di ajang Piala Asia.

Terakhir kali Tim Merah-Putih tampil di Piala Asia terjadi pada 2007. Itu terjadi sudah 15 tahun yang lalu.

Diketahui pada 2007, Indonesia bersama dengan Thailand, Vietnam, dan Malaysia menjadi tuan rumah bersama.

Namun, sepanjang keikutsertaan di Piala Asia, Timnas Indonesia belum pernah lolos dari fase grup. Sejauh ini, Tim Garuda juga baru meraih dua kemenangan di Piala Asia.

 

4 dari 5 halaman

Gol Debut Dimas Drajad dan Marselino

Pertandingan tersebut juga menjadi laga yang bersejarah bagi beberapa pemain. Terutama untuk Dimas Drajad dan Marselino Ferdinan.

Keduanya mencatatkan sejarah dengan mencetak gol perdana untuk Timnas Indonesia senior. Dimas membuka keran gol Indonesia pada laga ini.

Dia berhasil mencetak gol dengan sundulan pada awal babak pertama. Sementara itu, Marselino mencetak gol ketujuh tim asuhan Shin Tae-yong tersebut ke gawang Nepal.

 

5 dari 5 halaman

Dua Assist Asnawi

Pada duel ini, Asnawi mendapatkan kesempatan bermain sejak awal laga. Dalam dua laga sebelumnya, ia hanya bermain sebagai pemain pengganti.

Asnawi membayar kepercayaan itu dengan baik. Pemain Ansan Greeners tersebut memberikan dua assist pada pertandingan ini.

Assist pertama hadir untuk gol dari Dimas Drajad. Sementara itu, Witan Sulaeman menikmati assist kedua dari pemain berusia 22 tahun tersebut.

Video Populer

Foto Populer