Sukses


Rapor Pemain Timnas Indonesia Saat Hajar Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023: Asnawi, Witan, dan Baggott Mantul Banget

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia memastikan tiket lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Kemenangan besar 7-0 atas Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (15/6/2022) jadi pemicunya.

Witan Sulaeman mencetak dua gol pada laga di Jaber Al-Ahmad International Stadium tersebut. Sementara itu, lima gol lainnya Tim Garuda disarangkan Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott, dan Marselino Ferdinan.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status satu di antara lima runner-up terbaik. Tim Garuda mendulang enam poin, tertinggal tiga angka dari Yordania yang menghuni posisi teratas Grup A.

Indonesia juga melesat ke urutan kedua klasemen runner-up terbaik kualifikasi Piala Asia 2023, berkat kemenangan tujuh gol atas Nepal. Timnas Indonesia mengoleksi enam poin, terpaut satu angka dari Kyrgyzstan di posisi teratas.

Keberhasilan itu layak dirayakan. Sebab, terakhir kali Tim Garuda berlaga di Piala Asia terjadi pada 2007 lalu.

Lantas, bagaimana dengan rapor pemain Timnas Indonesia pada laga kontra Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023? Berikut ini rapor pemain Tim Garuda versi Bola.com?

 

2 dari 6 halaman

Kiper

Nadeo Argawinata - 7

Nadeo praktis lebih banyak nganggur pada laga ini. Ia jarang sekali mendapatkan ancaman berbahaya dari para pemain Nepal.

Beberapa ancaman datang pada awal babak pertama. Namun, ia tetap tenang dan menguasai situasi. Aksi menarik dilakukan Nadeo pada akhir babak kedua, ia dengan berani mengecoh penyerang Nepal.

 

3 dari 6 halaman

Lini Belakang

Fachruddin Aryanto - 8

Sebagai kapten, Fachruddin bermain tenang. Ia mendapatkan bonus satu gol pada laga ini.

Rizky Ridho - 7,5

Peran Ridho tak terlalu tampak pada pertandingan ini, karena sedikitnya serangan yang mengarah ke lini pertahanan. Namun, ia berperan dalam membangun serangan dari bawah.

Elkan Baggott - 8,5

Baggott menjalani laga dengan spesial. Bek Ipswich Town itu mencetak gol keren lewat tendangan kaki kiri yang dilepaskan dari luar kotak penalti.

 

4 dari 6 halaman

Lini Tengah

Asnawi Mangkualam - 8,5

Asnawi tampil apik di sisi kanan. Ia menorehkan dua assist dan membuat satu pemain Nepal mendapatkan kartu merah pada babak pertama.

Marc Klok - 7

Klok tak menjalani laga dengan cukup baik. Tak heran Shin Tae-yong menariknya keluar pada awal babak kedua.

Ricky Kambuaya - 8

Ricky tampil lumayan apik dalam duel ini. Ia menciptakan banyak peluang untuk Timnas Indonesia. Sayang, pemain Persib itu tak mendapatkan gol.

Pratama Arhan - 8

Pratama Arhan seharusnya mendapatkan torehan dua atau tiga assist di laga ini. Namun, hal itu tak terjadi lantaran performa apik kiper Nepal.

 

5 dari 6 halaman

Depan

Saddil Ramdani -7,5

Saddil mencetak satu gol pada pertanidngan ini. Keterlibatan dalam keributan di pertengahan babak kedua sedikit mengurangi nilai penampilannya.

Dimas Drajad - 7,5

Ada alasan tertentu mengapa Shin Tae-yong memasang pemain satu ini sejak awal laga. Ia membayar kepercayaan itu dengan mencetak gol pertama Tim Garuda ke gawang Nepal.

Witan Sulaeman - 8

Seperti biasa, Witan tampil tak kenal lelah. Ia pun mendapatkan hadiah yang layak dengan dua gol yang ia cetak di laga ini.

 

6 dari 6 halaman

Pemain Pengganti

Marselino Ferdinan - 7,5

Marselino masuk pada awal babak kedua menggantikan Marc Klok. Pemuda berusia 17 tahun itu mencetak satu gol pada akhir babak kedua.

Muhammad Rafli - 7,5

Rafli punya tiga peluang emas di laga ini. Namun, ketiganya gagal berbuah gol. Beruntung, pemain Arema FC itu masih bisa menyumbangkan dua assist.

Irfan Jaya, Abimanyu, dan Koko Ari - 6

Sementara itu tiga pemain pengganti yang lain, yakni Irfan Jaya, Syahrian Abimanyu, dan Koko Ari tidak bisa berbuat banyak. Sebab, menit bermain mereka juga terbatas.

Video Populer

Foto Populer