Sukses


4 Negara Asia Tenggara Lolos ke Piala Asia 2022, Termasuk Timnas Indonesia: Pelatih Vietnam Park Hang-seo Ikut Berjasa?

Bola.com, Jakarta - Ada fenomena menarik dari sepak bola Asia Tenggara pada tahun 2022 ini. Di tahun ini ada empat negara Asia Tenggara yang lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Empat negara Asia Tenggara tersebut adalah Vietnam, Thailand, Malaysia dan termasuk Timnas Indonesia. Ini adalah kali pertama ada empat tim asal Asia Tenggara secara bersamaan di Piala Asia sejak tahun 2007.

Bedanya, kini keempatnya lolos lewat jalur kualifikasi. Diketahui pada tahun 2007 mereka jadi tuan rumah bersama.

Ada yang menarik dari mayoritas negara Asia Tenggara yang lolos ke Piala Asia 2023 itu. Vietnam, Timnas Indonesia, dan Malaysia sama-sama ditukangi pelatih asal Korea Selatan.

Namun, harus diakui peran Park Hang-seo di Vietnam memang sangat krusial. Tak hanya memajukan sepak bola Vietnam, juga merangsang tetangganya untuk mengikuti hal serupa.

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Membuka Jalan

Park Hang-seo menjadi pelatih Vietnam sejak Oktober 2017. Kedatangannya memberi harapan baru bagi Vietnam.

Sebab, pelatih yang kini sudah berusia 63 tahun itu puny reputasi bagus di Korea. Ia pernah menjadi pelatih di beberapa klub besar Korea seperti Suwon Bluewings, Pohang Steelers dan beberapa klub lain.

Park Hang-seo juga punya tipikal keras. Di bawah asuhannya, Vietnam mampu berprestasi. Emas SEA Games, juara Piala AFF hingga menjadi runner-up Piala Asia U-23 berhasil diraih Vietnam setelah mereka mendatangkan Park Hang-seo.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Lolos sampai Fase Akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Salah satu yang paling membanggakan adalah keberhasilan Vietnam melaju hingga fase akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Meski mereka akhirnya berakhir jadi juru kunci di fase itu.

Hal itu membuat dua negara Asia Tenggara lain yakni Indonesia dan Malaysia mengikuti jejak Vietnam. Indonesia mendatangkan Shin Tae-yong di awal tahun 2020. Sementara Malaysia mendatangkan Kim Pan-gon.

.

4 dari 5 halaman

Langsung Berbuah Manis

Menariknya perlahan tapi pasti Indonesia dan Malaysia mulai mendapatkan buah manis dari kedatangan pelatih asal Malaysia di Timnas masing-masing.

Peran Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sudah jelas. Yang paling kelihatan adalah ia berhasil meningkatkan ranking Garuda mencapai 20 tingkat pada sistem peringkat FIFA.

 

5 dari 5 halaman

Timnas Indonesia Andalkan Banyak Pemain Muda

Shin juga melakukan revolusi di Timnas Indonesia. Ia banyak mengandalkan pemain yang usianya masih di bawah 25 tahun.

Sebut saja Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Pratama Arhan sampai wonderkid berusia 17 tahun, Marselino Ferdinan.  

Terbaru, kita semua tentu tahu Shin mampu mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Sesuatu yang juga bisa diraih Malaysia dibawah asuhan Kim Pan-gon.

Video Populer

Foto Populer