Sukses


Dua Bobotoh Meninggal di GBLA, Menpora Minta PSSI dan PT LIB Melakukan Investigasi

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, meminta PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) untuk segera melakukan investigasi terkait meninggalnya dua suporter Persib Bandung karena berdesakan di pintu masuk Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) saat Persib Bandung menghadapi Persebaya Surabaya di Grup C Piala Presiden 2022, Jumat (17/6/2022).

Menpora Zainudin Amali menyampaikan duka cita terhadap keluarga dari dua suporter Persib Bandung yang meninggal karena berdesakan di Stadion GBLA.

Menpora mengaku prihatin karena insiden terjadi ketika pertandingan sepak bola di Indonesia baru kembali mengizinkan suporter untuk datang ke stadion setelah dua tahun pandemi COVID-19.

"Saya turut berduka cita atas meninggalnya penonton sepak bola di Bandung ketika menonton pertandingan Persib kontra Persebaya. Tentu saya prihatin atas kejadian ini. Padahal pertandingan sepak bola baru saja diizinkan untuk dihadiri penonton langsung di stadion," ujar Menpora Zainudin Amali di Jakarta, Sabtu (18/6/2022).

2 dari 6 halaman

Investigasi

Menpora Zainudin Amali pun meminta agar PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku federasi sepak bola Indonesia dan operator kompetisi di Indonesia, untuk menggelar investigasi terkait insiden yang terjadi di Stadion GBLA.

"Selain itu, harus segera dievaluasi mengenai SOP yang berlaku di stadion. Sekaligus melihat lagi pelaksanaan di empat stadion yang sudah berlangsung selama ini," jelasnya.

Menpora Amali juga meminta PSSI dan PT LIB untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait, khususnya dengan pihak keamanan, agar lebih intensif sehingga kejadian serupa tidak terjadi lagi.

"Pemerintah akan menunggu laporan resmi dari PSSI dan PT LIB. Tidak boleh ini terulang lagi karena masih banyak pertandingan yang harus dilakukan. Kesiapan panitia di daerah juga harus dipastikan dalam setiap pertandingan," harapnya.

 

3 dari 6 halaman

Antusiasme Tinggi

Kabar duka yang datang dari laga Persib Bandung kontra Persebaya Surabaya di Stadion GBLA dalam laga Grup C Piala Presiden 2022 itu memang menjadi pil pahit bagi sepak bola Indonesia.

Dua bobotoh meninggal dunia karena berdesakan ketika mencoba memasuki Stadion GBLA bersama suporter lain yang membludak ketika pertandingan antara dua klub besar Indonesia itu digelar.

Antusiasme besar yang dimiliki suporter dari kedua tim untuk hadir langsung memberikan dukungan kepada tim kesayangannya harus diwarnai dengan insiden yang menyedihkan.

Sumber: Kemenpora

 

4 dari 6 halaman

Hasil Grup C Piala Presiden 2022

Venue: Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung

12 Juni 2022

  • Persib Bandung vs Bali United 1-1

13 Juni 2022

  • Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya 1-1

16 Juni 2022

  • 20.30 WIB - Bali United vs Bhayangkara FC 1-2

17 Juni 2022

  • 20.30 WIB - Persebaya Surabaya vs Persib Bandung 1-3
5 dari 6 halaman

Jadwal Grup C Piala Presiden 2022

20 Juni 2022

  • 20.30 WIB - Bali United vs Persebaya Surabaya

21 Juni 2022

  • 20.30 WIB - Bhayangkara FC vs Persib Bandung
6 dari 6 halaman

Klasemen Grup C Piala Presiden 2022

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer