Sukses


Timnas Indonesia U-19: Belum Sah Jadi WNI, Jim Croque Sudah Jatuh Cinta pada Indonesia

Bola.com, Jakarta - Indonesia memberikan kesan perdana yang positif bagi Jim Croque. Meskipun baru sebentar di Tanah Air, Jim Croque mengaku sudah mencintai Indonesia.

Jim Croque merupakan satu dari tiga pemain blasteran yang dipilih Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Pelatih asal Korea Selatan ingin melihat kemampuan dari Jim Croque dan pemain blasteran lainnya.

Pada sesi latihan perdana, Jim Croque terlihat sangat antusias mengikuti berbagai instruksi yang diberikan Shin Tae-yong. Tak terlihat adanya kendala yang didapat dari pemain berusia 17 tahun tersebut.

Jim Croque memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang berasal dari Jawa. Jim Croque merupakan pemain proyeksi untuk Piala Dunia U-20 2023.

2 dari 5 halaman

Cinta Indonesia

Jim Croque mengaku sudah mencintai Indonesia. Jim Croque tak sabar untuk bisa membela Timnas Indonesia pada masa depan.

"Saya cinta negara ini. Saya bangga bisa mewakili negara asal kakek dan nenek, dan tentu saja ayah saya," ucap Jim Croque.

"Orang-orang di sini sangat baik. Di Belanda saat seorang pemain membela tim U-19, sedikit orang yang mengenalnya. Adapun di sini semua orang mengenal si pemain. Lebih banyak cinta di sini," ucap Jim Croque.

3 dari 5 halaman

Masih Proses

Jim Croque menyebut saat ini statusnya masih di proses oleh PSSI. Jim Croque mengaku sudah siap memilih Indonesia sebagai negara yang akan dibelanya.

"Tahapan naturalisasi masih dalam proses. Saat ini, staf di federasi masih mengurus dokumen saya," ucap Jim Croque.

"Mereka akan bekerja agar saya bisa bermain untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20. Saya berharap bisa bermain di sana, itu tujuan saya," tegas Jim Croque.

4 dari 5 halaman

Cuaca dan Lapangan

Jim Croque merasa tak menemui kendala berlatih bersama Timnas Indonesia U-19. Hanya saja pemain berusia 17 tahun itu mengeluhkan cuaca panas Jakarta dan buruknya kualitas lapangan Stadion Madya.

"Di sini cuacananya lebih panas. Jadi, saya harus banyak menyesuaikan diri," ucap Jim Croque.

"Selain cuaca, kondisi rumput di lapangan juga berbeda dengan di Eropa. Agak bergelombang," tegas Jim Croque.

5 dari 5 halaman

Tak Ikut Piala AFF U-19 2022

Pelatih Shin Tae-yong berbicara mengenai kehadiran tiga pemain keturunan yakni Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel. Shin Tae-yong menyebut, kehadiran mereka hanya sekadar berlatih bersama.

Ketiga peman tersebut tidak dipersiapkan untuk Piala AFF U-19 2022. Rencananya, mereka akan disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia tahun depan.

"Mereka tidak bisa bermain untuk Piala AFF kali ini," ucap Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer