Sukses


Duel Pelatih Dewa United Vs Persis Solo di Piala Presiden 2022: Adu Taktik Demi 3 Poin Perdana

Bola.com, Solo - Dewa United akan menantang tuan rumah Persis Solo dalam laga ketiga grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Jumat (24/6/2022) sore WIB.

Baik Dewa United dan Persis Solo sama-sama mengusung misi menang, setelah melakoni dua laga dengan hasil buruk. Kemenangan akan membuka peluang kedua tim lolos ke fase gugur.

Menaiknya, duel nanti merupakan pertarungan dua tim yang berstatus promosi di BRI Liga 1 2022/2023. Persis Solo adalah kampiun Liga 1 2021, sementara Dewa United berada di peringkat ketiga.

2 dari 7 halaman

Belum Pernah Menang

Dewa United dan Persis Solo sejauh ini sama-sama belum pernah menang di Piala Presiden 2022. Dewa United sebelumnya bermain imbang 2-2 kontra PSIS dan kalah 1-2 dari Persita Tangerang.

Sementara Persis Solo juga belum menunjukkan tajinya sebagai tuan rumah. Setelah ditahan imbang 0-0 oleh PSS Sleman, Fabiano Beltrame dkk. malah dipermalukan 1-2 oleh rival PSIS Semarang.

Praktis, kemenangan sangat dibutuhkan kedua tim. Sekaligus membuka kans untuk lolos ke babak delapan besar.

3 dari 7 halaman

Adu Taktik

Selain menjadi duel sengit di atas lapangan, laga nanti juga akan menjadi ajang pembuktian siapa juru taktik yang bakal lebih unggul. Nilmaizar di kubu Dewa United, dan Jacksen Tiago di Persis Solo.

Kedua pelatih ini sudah banyak makan asam garam di sepak bola Indonesia. Nilmaizar diketahui sebagai pelatih potensial yang pernah membesut Semen Padang hingga level Timnas Indonesia.

Sementara Jacksen Tiago tidak perlu diragukan lagi mengantarkan Persipura Jayapura berulangkali menjadi juara Liga Indonesia.

4 dari 7 halaman

Nilmaizar Siapkan Strategi

Sosok pelatih asal Sumatera Barat itu mengaku bersyukur timnya dalam kondisi siap tempur untuk tempur meladeni Persis Solo. Ia menyebut akan menjadi laga yang sengit karena Dewa United dan Persis masih punya peluang lolos.

“Siapa yang saya mainkan dan buktikan besok di lapangan, siapa yang lebih bisa menerapkan taktik dan strategi di lapangan akan menjadi penentu siapa yang menang,” terang Nilmaizar dalam sesi konferensi pers, Kamis (23/6/2022).

“Saya tahu Persis ingin menang dengan keuntungan fans. Kami tahu siapa saja pemain kuncim mereka, adu strategi nanti di lapangan. Semoga laga menarik enak ditonton,” lanjutnya.

"Kami juga wajib mengantisipasi kelengahan di menit awal dan akhir, karena sangat rawan. Inilah sepak bola, gol-gol yang tidak perlu terjadi pantang terulang,” tegas Nilmaizar.

5 dari 7 halaman

Siap Tempur

Di kubu tuan rumah Persis Solo, pelatih Jacksen Tiago menyebut skuadnya dalam kondisi siap tempur. Persiapan singkat setelah melawan PSIS diakuinya bukan menjadi halangan.

"Persiapan kami cukup singkat, ada sekitar 7 pemain yang menjalani recovery training. Yang lainnya tetap latihan normal," beber Jacksen.

Terkait dengan komposisi yang akan diturunkan, Jacksen tetap akan memberikan prioritas bagi para pemain yang memiliki kondisi lebih fit, meski seluruh punggawa dipastikan tidak ada yang mengalami cedera. 

6 dari 7 halaman

Mainkan yang Fit

Skuad Persis Solo sebenarnya sudah lengkap menjelang musim 2022/2023. Termasuk pemain asingnya yang sudah komplet. Aaron Evans, Jaimerson, Gerard Artigas, dan Alexis Messidoro sudah resmi sebagai ekspatriat tim Laskar Sambernyawa.

Namun pelatih Jacksen Tiago tak ingin mengambil risiko besar dengan memaksa pemain yang baru bergabung ikut tampil.

"Bagi kami seperti tidak ada perubahan. Artinya persiapan dari awal saat pemain asing belum datang dan kini sudah lengkap, perlu saya lihat kesiapan semuanya,” terang Jacksen Tiago.

“Kami tidak ingin mengambi risiko kalau pemain cedera padahal kompetisi belum dimulai. Kami harus berpikir panjang melihat siapa yang paling siap tampil,” tegas eks pemain Persebaya Surabaya.

7 dari 7 halaman

Intip Persaingan Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer